Belasan Kendaraan Pemudik Putar Balik di Check Poin Kebon Nanas

Belasan Kendaraan Pemudik Putar Balik di Check Poin Kebon Nanas
Sempat Mencari Alternatif Jalan, Kendaraan Pemudik Kembali di Putar Balik di Check Point Kebon Nanas Kota Tangerang. Foto Iwan K Halawa

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Memaksa Mudik belasan kendaraan diminta putar balik di titik check point PSBB (pembatasan sosial berskala besar) di Kebon Nanas Cikokol Kota Tangerang. Senin, (27/4/2020) dini hari.

Kendaraan tersebut dipaksa untuk memutar balik kembali kerumah untuk menindak lanjuti larangan pemerintah agar tidak ada masyarakat yang melakukan kegiatan mudik selama pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19), sehingga mata rantai penyebarannya bisa terputus.

Subandi salah satu anggota Patwal Dishub (Dinas Perhubungan) Kota Tangerang mengatakan sudah ada belasan kendaraan pemudik diberhentikan dan disuruh putar balik ke tempat asal.

Check Point Kebon Nanas Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

“Malam ini baik travel maupun kendaraan pribadi yang masih nekat untuk mudik kita suruh balik lagi, ada yang tujuannya pulang ke Lampung, Sumatera maupun ke daerah Serang,” ujar Subandi.

Ia mengatakan bahwa, kebanyakan kendaraan tersebut buangan dari check point yang diminta untuk putar balik dari toll Bitung dengan mencari alternatif di jalan-jalan dalam Kota.

“Kebanyakan pas ditanya anggota yang bertugas, sebelumnya sudah diberhentikan di daerah Bitung, namun kebanyakan masih bersikeras dengan mencari jalan alternatif agar bisa lolos dari titik penyekatan, namun tidak bisa,” jelasnya.

Untuk itu pihaknya menghimbau agar para pemudik tidak nekat untuk mencari alternatif karena tidak akan bisa lolos dan hanya membuat capek dan menghabiskan bahan bakar kendaraan, lantaran di berbagai titik jalur lintasan sudah dilakukan penyekatan.

Tidak hanya itu, terkait penerapan PSBB pihaknya juga banyak memberi teguran kepada pengendara yang tidak menggunakan masker maupun sarung tangan saat berada di luar rumah.

“masih banyak pengendara belum mematuhi aturan PSBB, untuk itu diberikan himbauan dan teguran sehingga bilamana melakukan aktivitas di luar rumah agar mematuhi aturan yang udah ditetapkan sehingga terhindar dari dampak penularan virus corona yang saat ini tengah menjadi pandemi,” bebernya.

Reporter: Iwan K. Halawa