Bantu Lawan COVID-19, Elnusa Petrofin Gelar CSR Secara Serentak di Penjuru Indonesia

Bantu Lawan COVID-19, Elnusa Petrofin Gelar CSR Secara Serentak di Penjuru Indonesia
Anggun Bagaskoro Malinto style=

TANGERANG, Pelitabanten.com – Dukungan dan kepedulian korporasi mutlak dibutuhkan dalam pencegahan dan  pengendalian pandemi COVID-19, termasuk peran serta aktif dari Korporasi dalam membantu masyarakat.

Hal tersebut yang menjadi visi dalam kegiatan corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan oleh PT Elnusa Petrofin (EPN).

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin mengatakan, saat ini semua pihak harus bergotong royong dan bersatu padu memberikan sumbangsih membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi penyebaran pandemi corona yang berdampak buruk bagi kesehatan hingga perekonomian bangsa.

“Penyemprotan Disinfektan ini merupakan langkah awal dari rangkaian program CSR #PetrofinSiagaCOVID19 sebagai wujud kepedulian EPN dalam hal pencegahan penyebaran COVID-19” ujar Haris dalam keterangan persnya yang diterima Redaksi Pelitabanten.com di Tangerang, Sabtu (11/4).

Beberapa waktu kedepan rencananya Elnusa Petrofin akan mengadakan kegiatan CSR lainnya dalam bentuk dan sasaran yang berbeda seperti bantuan bagi sarana kesehatan serta makanan bagi masyarakat marginal. “Kami berharap integrasi kegiatan CSR yang kami lakukan mampu turut membantu memutus mata rantai COVID-19 maupun dampak yang ditimbulkannya kepada masyarakat,” ujar Haris.

Hal senada disampaikan Direktur Ops dan Marketing EPN Nur Kholis. Menurut dia, di kondisi seperti sulit PT Elnusa Petrofin disamping menjaga pasokan energi seperti BBM dan elpiji juga menjadi ujung tombak dalam membantu masyarakat melawan COVID-19 mengingat lokasi Elnusa Petrofin yang tersebar diseluruh Indonesia.

Seluruh rangkaian kegiatan CSR yang tergabung dalam #PetrofinSiagaCOVID19 ini dilakukan oleh masing-masing unit operasi Elnusa Petrofin di seluruh Indonesia pada satu bulan terakhir sampai beberapa waktu kedepan berfokus pada pencegahan COVID-19. Pada tahapan pertama ini berbagai kegiatan CSR yang dilakukan antara lain penyemprotan disinfektan secara serentak. Kemudian juga beberapa kegiatan CSR bersama dengan Pertamina (Persero) seperti pembagian paket sembako bagi warga setempat serta panti asuhan untuk sedikit membantu kebutuhan pangan pokok selama masa pandemi.

Kegiatan penyemprotan disinfektan dilakukan secara serentak pada Jumat 10 April 2020 di 79 wilayah operasional dan bisnis Elnusa Petrofin. Baik Fuel Terminal, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE), Depot LPG serta Depot VHS di seluruh Indonesia yang meliputi perkampungan yang merupakan kawasan terdekat dari daerah sekitar operasional EPN serta sarana umum seperti Sekolah, Tempat Ibadah, Kantor Pemerintahan dan Aparat Setempat, Rumah Sakit dan lain sebagainya.

Mekanisme Penyemprotan Disinfektan ini mengikuti kaidah dan rekomendasi dari Pemerintah. Kegiatan dilakukan secara mandiri oleh Tim Elnusa Petrofin di unit operasional dan berkoodinasi dengan aparat serta pemerintah setempat dan saat pelaksanaan penyemprotan antara lain penggunaan alat pelindung diri berupa masker, wearpack, sarung tangan kain, helm serta menerapkan physical distancing.

Khairun Nasir selaku Lurah Pekan Kecamatan Labuhan Kota Medan Sumatera Utara mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi Elnusa Petrofin yang turut aktif membantu pencegahan dan penyebaran COVID-19 dengan melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dilingkungan Labuhan Medan.

Sedangkan Ronny J Lengkey, Hukum Tua Desa Sapa Timur Amurang Minahasa Selatan Sulawesi Utara memberikan apresiasi atas kepedulian Elnusa Petrofin dalam membantu melawan COVID-19. “Semoga inisiatif yang dilakukan oleh Elnusa Petrofin ini dapat menggugah dan diikuti banyak korporasi lainnya untuk bersama sama memerangi COVID-19,” tuturnya.