Kampung Siaga, Semangat Warga Tangerang Basmi Covid-19

Kampung Siaga, Semangat Warga Tangerang Basmi Covid-19
Kampung Siaga, Semangat Warga Tangerang Basmi Covid-19. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Semangat basmi penyebaran virus corona atau covid-19 yang semakin meluas, Warga dirikan kampung siaga covid-19.

Mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai virus ini, berbagai upaya terus dilakukan seluruh elemen masyarakat Kota Tangerang.

Mulai dari Social Distancing atau sekarang dirubah dengan phisycal Distancing, melakukan berbagai aktivitas dari rumah diikuti masyarakat.

Hingga Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, menggulirkan pembentukan Kampung Siaga Covid-19 (KSC-19) disambut masyarakat penuh semangat.

Kampung Siaga Covid-19 pun bermunculan di Kota Tangerang, salah satunya di RW 09 Kelurahan Periuk, Kecamatan Periuk.

Bentuk kegiatan di KSC 19 antara lain sosialisasi PHBS kepada warga, sterilisasi pintu masuk komplek dan fasilitas umum, peningkatan sistem keamanan lingkungan, sterilisasi disinfektan tempat ibadah dan sistem edukasi informasi kepada warga.

“KSC 19 merupakan bentuk tanggung jawab masyarakat kepada pemerintah dalam membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Heri Satrianto ketua KSC-19 yang merupakan ketua RW setempat, via telepon. Rabu, (25/3/2020).

KSC-19 Diharap Mampu Menekan Penyebaran Virus Corona di Wilayah. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

Hal serupa juga dilakukan Warga RT 16 Taman Royal, Kelurahan Poris Plawad Indah, RW 06 Kelurahan Kreo, Cipondoh, kemudian Kelurahan Uwung Jaya, Kelurahan Larangan Selatan, Kelurahan Kreo, yang juga telah membangun Kampung Budaya Siaga Covid-19. Yang nantinya akan di ikuti kelurahan lain di Kota Tangerang.

Atas semangat dan dukungan partisipasi seluruh lapisan masyarakat, Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, sangat mengapresiasi, Ia juga meminta masyarakat untuk tetap tenang dan turut aktif menghadapi pandemi ini.

“Kerjasama dari seluruh unsur masyarakat bersama pemerintah, menjadi kunci pencegahan penyebaran virus corona. Ayo bersama kita tanggulangi penyebarannya,” ungkapnya.

Sebagai imformasi, Pemerintah Kota Tangerang juga mendistribusikan bilik-bilik disinfektan yang dialokasikan untuk ruang publik yang tersebar di 13 kecamatan, seperti rumah sakit, puskesmas, tempat ibadah, dan kantor pelayanan publik lainnya.