FAJI Kota Tangerang Siapkan Mental Hadapi Porprov Banten

FAJI Kota Tangerang Siapkan Mental Hadapi Porprov Banten
Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Tangerang. Foto Huda R Alfian Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) siapkan 14 atlet putera dan puteri, jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten.

Kota Tangerang yang akan menjadi tuan rumah Porprov Banten ke-6 pada 2022 mendatang, terus disemangati oleh para atlet arung jeram yang bermarkas di Sekretariat FAJI di Jalan A Dimyati, Sukasari, Kota Tangerang.

Ketua Umum FAJI Kota Tangerang, Mukmin Kusnendar mengatakan, ada beberapa kategori yang bisa dimainkan di Cisadane dalam pertandingan kali ini, meskipun venue atau kondisi latihan tidak seperti yang ada di wilayah Ciberang-Banten.

“Tapi ada beberapa yang boleh dimainkan di kejurda arung jeram, karena memang ada beberapa kategori yang tidak bisa kita lakukan di Cisadane seperti DRR (Down River Race) itu harus minimal 13 kilo. Kondisi di Air itu kita bisa untuk shalom, sprint, sama head to head,” jelas pria yang akrab disapa Kang Jhon ini, (18/03).

Dalam persiapannya, Pengurus cabang (Pengcab) FAJI Kota Tangerang juga telah mempersiapkan diri untuk membawa harum nama Kota Tangerang dengan optimis memperebutkan 12 medali yang ada secara keseluruhan di kejuaraan arung jeram di Porprov Banten 2022 nanti.

“Seperti latihan-latihan di Cisadane, untuk peningkatan fisik, skil, dan mental, itu tetap kita lakukan. 12 medali itu secara keseluruhan yang di perebutkan, kalau jadi juara umum minimal 7 sampai 9 medali. Meskipun berat kita optimis,” terangnya.

Jhon pun berharap, untuk meraih prestasi yang maksimal, KONI Kota Tangerang harus mensupport secara maksimal, khususnya untuk Cabang Olahraga (Cabor) FAJI. Baik sarana prasarana maupun pembinaan organisasi.

Elan Herlan Ketua Litbang KONI bersama Mukmin Kusnendar Ketua Umum FAJI Kota Tangerang saat tengah diwawancarai Pelitabanten.com, Rabu (18/03/2020).

Dilain sisi, Elan Herlan selaku ketua Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota tangerang mengatakan, Pertandingan arung jeram di Porprov 2022 ini akan diikuti oleh 5 daerah, dan kelas yang dipertandingkan akan disesuaikan dengan kondisi sarana yang ada di Kota Tangerang.

“Ada 12 medali, diharap kita bisa menjadi juara umum. Apalagi kan ini kita menjadi tuan rumah. Kita memonitoring kekuatan-kekuatan lawan yang tentunya kita diuntungkan dengan situasi alam dan lingkungan, karena olahraga ini kan berkaitan dengan alam,” ujarnya, (18/03).

Selain itu, dirinya pun berharap agar atlet putera dan puteri FAJI Kota Tangerang dapat terus mengembangkan prestasi hingga ke tingkat Nasional.

“Disamping juara umum juga melahirkan prestasi-prestasi ditingkat nasional, jadi gak cuma prestasi dilingkup Banten aja,” tandasnya.