17 Orang Dipantau dan Negatif Corona di Kota Tangerang, Guru Serta Kepala Sekolah Jangan Berlebihan

17 Orang Dipantau dan Negatif Corona di Kota Tangerang, Guru Serta Kepala Sekolah Jangan Berlebihan
Kadis Pendidikan, Hj. Masyati Yulia Minta Guru Serta Kepala Sekolah Jangan Berlebihan Sosialisasikan Soal Virus Corona (Covid-19). Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Guru dan kepala sekolah diminta tidak terlalu berlebihan dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran Virus Corona.

Hal tersebut diungkapkan  Masyati Yulia, kepala dinas pendidikan kota Tangerang saat memberikan sosialisasi pemahaman dan pencegahan penyebaran virus corona yang dipusatkan di Aula SMPN 6 Kota Tangerang selasa (3/3/2020).

Dihadapan ratusan kepala sekolah dan guru, Masyati mengungkapkan, penyebaran virus corona atau COVID-19 dapat diantisipasi dengan secara berkala mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun atau menggunakan cairan pembersih beralkohol.

“Karna keresahan dimasyarakat ini menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan, karna takut nanti stres makanya kita mengantisipasi anak didik kita supaya kepala sekolah dapat menginformasikan kembali kepada anak didik masing masing untuk bisa mengantisipasi virus corona ini,”tegas Masyati kepada wartawan.

Sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona tersebut, kata Masyati, terbagi menjadi dua sesi yakni sesi pertama yang diikuti 506 kepala sekolah baik SD maupun SMP Negeri yang ada dikota Tangerang, dan yang sesi selanjutnya akan diikuti ratusan kepala sekolah SD dan SMP Swasta yang ada dikota Tangerang.

“Karna kapasitas aula yang kurang memadai kami membagi menjadi dua sesi hari ini dan besok, dan masih ada berkelanjutan hingga tingkat SLTA dan narasumber yang kami hadirkan dari RSUD kota Tangerang dan Dinas kesehatan”kata Masyati.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan, dua warga negara Indonesia di Depok, telah positif terjangkit virus corona. Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan pun melakukan peningkatan kewaspadaan.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Liza Puspadewi, mengungkapkan, menjaga kebersihan diri adalah antisipasi utama menangkal wabah virus corona. Ia pun meminta, masyarakat untuk selalu cuci tangan, kemudian menjaga tubuh lebih fit sehingga imunitas terjaga.

Karena, virus corona sangat mudah menjangkit mereka yang lemah, maka terbanyak diidap para lansia. Jika kita menjaga kebersihan tubuh, cuci tangan, makan makanan yang sehat dan dimasak secara baik. Insyaallah, bisa terhindar dari virus corona,” ungkap dr. Liza

Ia mengungkapkan, hal-hal wajib yang harus dilakukan masyarakat Kota Tangerang ialah tingkatkan daya tahan tubuh, berperilaku bersih dan sehat. Etika batuk, sering cuci tangan, jika tidak penting jangan berpergian ke pusat keramaian, makan makanan yang tidak seimbang dan sudah dimasak dengan baik.

“Kemarin kita mewaspadainya masih cukup mudah, hanya mewaspadai mereka yang baru pulang dari negara terjangkit. Saat ini, sudah ada warga Indonesia yang terjangkit, dengan itu yang harus kita lakukan adalah menjaga diri kita dengan baik dan benar,” tegasnya.

Ia mengatakan, sejak januari 17 orang di Kota Tangerang dalam pemantauan Dinas Kesehatan, Kota Tangerang. Mereka yang baru saja pulang dari negara terjangkit. Namun, saat ini 17 orang tersebut sudah dalam kondisi sehat dan dinyatakan negatif corona.

“Jangan panik namun tetap waspada, terpenting jaga tubuh kita tetap fit, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dibawah air mengalir,” tukasnya.