Kenalkan Cagar Budaya, Pelajar Diajak Keliling Kota Tangerang

Kenalkan Cagar Budaya, Pelajar Diajak Keliling Kota Tangerang
Wali Kota Kenalkan Pelajar Cagar Budaya Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Wali Kota Arief R Wismansyah melepas para pelajar Peserta Pengenalan Jelajah Cagar Budaya Kota Tangerang berlokasi di Pendopo Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang pada Rabu, (26/2/2020).

Dengan peserta sebanyak 100 orang berasal dari siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan (Diabudparman) Kota Tangerang selaku penyelenggara memiliki harapan agar para siswa bisa lebih mengenal berbagai cagar budaya yang berlokasi diseputaran Kota Tangerang.

“Presiden Pertama kita Soekarno pernah bicara soal JAS MERAH, yang artinya jangan kita sampai lupa sejarah. Mungkin ada beberapa yang lahirnya bukan di Tangerang, tapi setidaknya adik-adik tumbuh besar dan bersekolah di Tangerang,” ucap Arief.

“Untuk itu kita harus tau bahwa cagar budaya bukan hanya sekedar bangunan, namun memiliki unsur sejarah. Jangan sampai kebudayaan dan sejarah kita tergerus oleh laju pesatnya perubahan zaman,” sambungnya.

Ratusan Pelajar Kota Tangerang Kenalkan Cagar Budaya. Foto Pelitabanten.com (Ist)

Plt. Kepala Disbudparman Kota Tangerang Kiki Wibhawa menambahkan, bahwa kegiatan ini selain untuk memperkenalkan juga untuk mengedukasi para pelajar untuk lebih mengenal Kota melalui Cagar Budayanya.

“Tak hanya memperkenalkan, namun kita juga berikan edukasi pengetahuan perihal cagar budaya yang ada, ditambah dengan pengetahuan tentang gedung-gedung Pemerintahan, taman-taman dan kampung tematik yang ada di Kota Tangerang pada 100 siswa yang hadir disini,” jelas Kiki.

Untuk diketahui, jelajah budaya tersebut mengunjungi beberapa situs budaya yang ada di Kota Tangerang, seperti Masjid Kali Pasir, Klenteng Boen Tek Bio, beberapa Kampung Tematik, Rumah Pintar Pemilu, Museum Lapas Anak dan Pemuda (Kelas IIa), Gedung Joeang TMP Taruna dan berakhir di Masjid Raya Al-a’zhom.