Bersama Kapolda, Wali Kota Tangerang Tinjau Banjir Periuk

Bersama Kapolda, Wali Kota Tangerang Tinjau Banjir Periuk
Kapolda Bersama Wali Kota Tangerang Tinjau Banjir Periuk. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.comKapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana bersama Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah meninjau banjir di wilayah Gebang, Kecamatan Periuk, Selasa (25/2/2020).

Pada kesempatan dan kunjungan bersama unsur Muspida itu, Kapolda memberikan bantuan langsung ke warga yang terdampak musibah banjir.

“Tadi kami mengecek ke dalam, paling dalam kedalaman air tadi sekitar 120 centimeter.
Saat ini Alhamdulillah hujan sudah reda, kita harapkan kedepan tentunya air segera surut,” ujar Kapolda kepada wartawan di lokasi.

Kapolda mengungkapkan Apresiasinya kepada pemerintah daerah kota tangerang yang selama kejadian banjir dengan tanggap melakukan penanganan. Saat ini ada 14 pompa yang menyedot kemudian disalurkan ke sungai.

“Ini sangat baik. Dan untuk daerah gebang ini banjir terjadi karena luapan air sungai. Curah hujan tinggi sehingga banjir cukup besar dan air sungai meluap, kita ketahui juga kalau daerah sini merupakan dataran rendah,” katanya.

Banjir Periuk Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

Pihaknya bersama unsur muspida, Lanjut Irjen Nana, akan memberikan pelayanan yang optimal kepada warga yang terdampak banjir, baik itu lokasi pengungsian, pelayanan kesehatan serta pengamanan rumah yang ditinggalkan selama mengungsi.

“Kami, bersama TNI dan Pemda berupaya mengamankan rumah yang ditinggalkan warga mengungsi dan akan melakukan patroli serta pelayanan kesehatan maupun dalam bentuk logistik bagi warga yang mengungsi,” tegasnya.

Ia menghimbau, serta mengingatkan bagi daerah yang menjadi langganan banjir warga harus mau dievakuasi dan mengungsi ketempat yang lebih aman, tentunya dengan mengunci rumah dan membawa barang berharga.

“Berkaiatan hujan deras, kami mengimbau warga untuk mau menyelamatkan diri ketika banjir datang. Ikuti titik lokasi untuk pengungsian yang telah ditentukan pemda. Kami dari kepolisian akan mengamankan rumah yang ditinggalkan warga,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Kapolda memberikan bantuan berupa Air mineral sebanyak 22 dus, roti 2 bal, baju layak pakai 5 karung, pempers 1dus, selimut 2 pack, mie telor 3 dus, biskuit belvita cereal 1dus, pop mie 1 dus dan teh gelas 1 dus.

Dilokasi yang sama, Wali Kota Arief menerangkan bahwa pemkot sudah mulai menyalurkan bantuan. Korpri mengirimkan 110 kilo telur, 20 liter minyak goreng, 20 dus air mineral, 120 dus mie instan, 10 kilo kecap, 44 bungkus bumbu instan.

“Kami juga sudah terima 275 roti dari Disdik, 400 roti dari Kecamatan Periuk, 1000 roti dari Bagian Umum, 200 nasi bungkus dari Korpri. Kita juga sudah terima bantuan dari Dishub, Kecamatan Tangerang hingga BKPSDM yang mengirimankan bahan-bahan mentah, yang saat ini sedang kita proses,” ungkapnya.

Sejak pagi tadi, Kata Wali Kota tak kurang dari 50 pegawai sudah bergerak di dapur umum Pemkot. Mulai dari potong sayuran, mengolah masakan, hingga menerima beragam bantuan yang datang.

“Kami upayakan distribusi makanan secara cepat dan sesuai jumlah kebutuhan di lapangan. Hal ini agar warga tetap bisa menjaga kondisi tubuh yang fit ditengah kondisi musibah banjir,” pungkasnya.