Banyak Warga Dolbon di Ibukota Banten, Istri Jokowi Bantu Seribu Jamban

Banyak Warga Dolbon di Ibukota Banten, Istri Jokowi Bantu Seribu Jamban
KUNJUNGAN NEGARA: Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Lingkungan Kenari, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Senin (24/2/2020). (Foto: Irpus/pelitabanten.com)

SERANG, Pelitabanten.com – Ibu negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Kota Serang, Senin (24/2/2020). Salah satu kunjungan istri presiden itu ke Lingkungan Kenari RT 01, RW02, Kelurahan Kasunyatan, Kota Serang.

Kedatangannya ke Ibukota Banten itu untuk memberikan bantuan seribu jamban. Iriana datang didampingi istri Wakil Presiden Wury Estu Handayani. Turut mendampingi sejumlah istri pejabat pemerintah dan daerah.

Secara simbolis bantuan diberikan langsung kepada masyarakat Lingkungan Kenari RT 01, RW05, Kelurahan Kesunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang sebanyak 500 jamban beserta air. Sisanya diberikan untuk warga di kecamatan lain di Kota Serang.

Dalam sambutannya, Iriana Joko Widodo menyampaikan, bantuan jamban untuk menjaga kebersihan lingkungan dan masyarakat. “Memang saat ini masih banyak masyarakat yang belum menggunakan jamba. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada semuanya yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan pembuatan jamban ini,” singkat Iriana dalam sambutan di lokasi.

Sementara itu, Camat Kasemen Golib Mutolib mengakui, masyarakat Kenari ini sudah hampir 30 tahun masih banyak yang dolbon atau buang air besar di kebon. “Pemerintah sebetulnya sudah membuatkan MCK, tapi kesadaran masyarakatnya yang kurang dan tidak dirawat,” kata Golib.

Maka dari itu, kata dia, bantuan ini langsung dibangun dirumah masih-masing warga yang belum memiliki jamban. “Bantuan ini langsung ke rumah warga. Bantuan ini juga semua kelurahan yang ada di Kecamatan Kasemen,” jelasnya.

Sedangkan untuk bantuan jamban sendiri, di Kecamatan Kasemen mendapat 500 jamban beserta airnya. Sedangkan, untuk yang 500 jamban diberikan kepada lima kecamatan lain yang ada di Kota Serang. “Kan 1000 jamban diberinya. Tapi khusus untuk Kasemen itu 500 jamban. Yang 500 nya lagi itu dibagi ke kecamatan lain di Kota Serang,” ucapnya, (Irpus)