KKN Mahasiswa STKIP Situs Banten Gelar Gebyar PAUD 2020

KKN Mahasiswa STKIP Situs Banten Gelar Gebyar PAUD 2020
Para pendukung kegiatan Gebyar PAUD 2020 KKN Mahasiswa STKIP Situs Banten berpose bersama di penghujung acara, Sabtu (22/2/2020). (Foto Istimewa/ym)

KABUPATEN SERANG, Pelitabanten.com – Puncak kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa STKIP Situs Banten menggelar rangkaian acara Gebyar PAUD 2020 bekerjasama dengan Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD LOTUS Kecamatan Padarincang serta organisasi mitra  dan instansi yang terkait lainnya di lapangan Ponpes Darunnajah 4 Tsurayya, Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang-Banten, Sabtu (22/2/2020).

Kegiatan tersebut juga didukung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Serang, FTBM Kabupaten Serang, Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Banten, Poltekes ‘Aisyiyah Banten, Himpaudi Provinsi Banten, dan Ponpes Darunnajah sebagai Tuan Rumah.

“Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan ajang kreativitas anak usia dini dalam wujud gebyar PAUD sebagai sebuah gagasan menumbuh kembangkan potensi anak dalam membangun kreativitas secara kompetitif,” ucap Ketua LPPM STKIP Situs Banten Sularti, M.Pd dalam keterangannya.

Sebagaimana dijelaskan Sulastri, kegiatan tersebut menyasar siswa-siswi PAUD se-Kecamatan Padarincang, Aparatur Pemerintah di wilayah Kecamatan Padarincang, para orangtua siswa PAUD, masyarakat dan stakeholder Pendidikan Anak Usia Dini di Padarincang.

“Kami menggandeng beberapa elemen masyarakat dan lembaga dalam kegiatan gebyar PAUD ini. Menyelenggarakan serangkaian kegiatan tematik dan kegiatan perlombaan, berupa kegiatan sosial layanan kesehatan mitra dengan Kampus Poltekes ‘Aisyiyah Banten, senam masal, bazar produk ekonomi kreatif dari anggota binaan KKN STKIP Situs Banten, dan Perpustakaan Keliling oleh FTBM Kabupaten Serang,” imbuhnya.

Perlombaan ditujukan untuk peserta didik PAUD dalam lima kategori lomba: Parade Kostum (Karnaval), Menggambar Bebas, Kolase, Hafalan Surat-surat Pendek dan Lomba Tari Daerah.

Sementara jenis kegiatan terkait pemberdayaan msyarakat bertujuan menumbuh kembangkan ekonomi kreatif melalui kegiatan, diantaranya; Penyuluhun Pertanian Ekonomi Kreatif dari Dinas Pertanian Kab. Serang dengan sasaran bapak-bapak dan ibu-ibu, Parenting Remaja Pemuda Berkemajuan mitra dengan Pemuda Muhammadiyah Kota Serang.

Pelatihan membuat aneka puding dan makanan ringan (aneka jamur krispi) dari tim KKN, sasaran ibu-ibu dan remaja putri, dan membuat kerajinan bros dari bahan perca.

Juga peningkatan kualitas admistrasi guru PAUD melalui Workshop PAUD, bermitra dengan BAN PAUD PNF Provinsi Banten dan Himpaudi Provinsi Banten, penghijauan lingkungan bermitra dengan Dinas KLH Provinsi Banten dalam bentuk bantuan bibit tanaman untuk kegiatan KKN Padarincang, dan Pelatihan Digital Printing. (YM)*