10 Finalis Cide Kode Benteng Warnai Perayaan Ulang Tahun Sejit Ke-331 di Vihara Nimmala

10 Finalis Cide Kode Benteng Warnai Perayaan Ulang Tahun Sejit Ke-331 di Vihara Nimmala
Perayaan Sejit ke-331 saat dilangsungkan p

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Vihara Nimmala Boen San Bio rayakan ulang tahun Sejit Kongco Hok Tek Tjeng Sin yang ke-331, di Jalan K.S. Tubun No.43, Koang Jaya, Tangerang.

Perayaan yang berlangsung sejak 22 hingga 24 Februari 2020 ini mengusung tema Keberagaman Budaya Mempererat Toleransi dan Kebersamaan yang diisi dengan kegiatan persembahyangan serta ragam penampilan dari pemilihan Cide Kode Benteng 2020, Fangsheng, Bazaar, hingga ragam Pentas Seni.

Saat dijumpai Pelitabanten.com, Koh Bebeng (71) selaku pembina Vihara Nimmala mengatakan bahwa perayaan Sejit ke-331 di Vihara Nimmala Boen San Bio sebagai perayaan hari ulang tahun persembahan Dewa Bumi.

Koh Bebeng (71) Pembina Vihara Nimmala saat diwawancarai Pelitabanten.com

“Yang sebenarnya umur Dewa Bumi itu sendiri sudah 3144 sebelum masehi, jadi Dewa Bumi yang dipuja di Vihara ini sudah yang ke 331 sama dengan umur Vihara Nimmala saat ini,” jelasnya. Sabtu (22/2) malam.

Adapun dalam perayaan Sejit ke-331 ini turut dimeriahkan oleh 10 pasangan finalis Cide Kode Benteng. Yang juga dihadiri oleh para finalis dari Duta pendidikan Provinsi Banten, Duta Anak, Duta Bahari, Man Of Indonesia Banten, Kang dan Nong Kota Tangerang. Serta Yang dan Neng Kabupaten Tangerang.

Cide & Kode terpilih saat berswafoto bersama para Duta Tangerang dan Provinsi Banten. Foto Huda R Alfian

“Sebagai kelestarian budaya Cina Benteng yang hampir hilang mangkanya sedikit kita gali. Dan untuk peserta finalis juga dikhususkan berusia 17 sampai 25 tahun dan belum menikah,” ucap Koh Bebeng.

Dilain sisi, Ratna Sari selaku Ketua Panitia dan juga sebagai Sekretaris Vihara Nimmala (Boen San Bio) mengatakan, Finalis Cide Kode Benteng yang terpilih akan menjadi Duta Budaya selama 1 Tahun.

“Dan di Tahun berikutnya akan diselenggarakan pemilihan baru lagi,” jelasnya.

Ratna Sari Ketua Panitia yang juga selaku Sekretaris Vihara Nimmala Boen San Bio. Foto Huda R Alfian

Dalam rangkaian perayaan Sejit ke-331 ini dirinya pun berharap para kawula muda dapat terus melestarikan budaya Cina Benteng sebagai warisan dari orang tua.

“Anak muda dapat terus berkembang, untuk melestarikan budaya. Karena Cide Kode ini kan menjadi salahsatu Duta Budayanya Vihara Nimmala. Jadi tradisi budaya warga cina benteng dapat terus dikembangkan.” Tukasnya.