Pelantikan Bantara Pangkalan SMKN 1 Rangkasbitung, Memupuk Jiwa Nasionalis Siswa

Pelantikan Bantara Pangkalan SMKN 1 Rangkasbitung, Memupuk Jiwa Nasionalis Siswa
Ambalan Gajahmada - Gayatri Gudep 01.171- 01.172 saat berlomba di Pondok Pesantren Manahijussadat beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

LEBAK, Pelitabanten.com – Pelantikan Bantara Ambalan Gajahmada – Gayatri Gudep 01.171- 01.172, diikuti sebanyak 106 Calon Bantara (CABA); 48 putra dan 58 putri dilaksanakan di lapangan SMKN 1 Rangkasbitung selama dua hari, Sabtu-Minggu, 22-23 Februari 2020. Juga dihadiri oleh jajaran DK (Dewan Kehormatan), DAT (Dewan Ambalan Tetap), dan DAS (Dewan Ambalan Sementara).

Dipimpin oleh Kakak Pembina Putra Drs. Ii Djajasemedi, M.Si dan Kakak Pembina Putri Hj. Alpinah, M.Pd., kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan Balok Bantara sebagai pengakuan bahwa peserta telah lulus diuji berdasarkan kemampuan secara teori dan praktik.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk melantik dan mensahkan calon pengurus yang akan menggantikan pengurus Dewan Ambalan tetap (DAT) dan Dewan Ambalan Sementara (DAS) pada kepengurusan di setiap angkatan,” ujar Hj. Alpinah kepada Peltabanten.com, Sabtu (22/2/2020).

Adapun rangkaian acara pelantikan Bantara ini dimulai dengan kegiatan Hiking, Permainan-permainan, Jurit Malam, dan Renungan. Dan diakhiri dengan Pelantikan DK dan Bantara pada hari terakhir di apel penutupan.

Kegiatan pelantikan Bantara dilaksanakan setiap tahun secara berkesinambungan setelah lulus pengujian Syarat Kecakapan Umum (SKU). Hal ini dilakukan untuk mengukur para calon Anggota Bantara yang cerdas, trampil dan bermartabat yang berguna untuk dirinya, dan bahkan untuk orang lain setelah berada di lingkungan masyarakat.

“Kegiatan pelantikan Bantara ini untuk memupuk para anggota pramuka agar memiliki jiwa nasionalis dan patriotis yang kelak akan berguna bagi nusa, bangsa dan agama,” imbuh Hj. Alpinah.

Baru-baru ini Gudep 01.171- 01.172 Gajahmada – Gayatri SMKN 1 Rangkasbitung berhasil meraih prestasi di ajang Galang Tegak Scout Competition (GGSC) di Pondok Pesantren Manahijussadat. Putri Gayarti berhasil meraih Juara I di Cabang Miniatur Pionering dan Juara I Cabang LKBB Musik. Dari total nilai yang diraih, Gayatri Putri berhak menyabet Juara Umum Pertama.

Sementara Gajahmada Putra berhasil meraih Juara Umum Ketiga dengan perolehan sebagai berikut: Juara II Cabang LKBB, Juara I dan III Bank Soal, Juara I Cabang Semboyan Isyarat (SMS), dan Peserta Terfavorit Kedua.