40 Tahun Tidak Berfungsi, Jalan Poros Kalak-Nyapah Kota Serang Kembali Dibuka

BANGUN JALAN: Walikota Serang Syafrudin bersama Komandan Kodim 0602 Serang Kolonel Inf Mudjiharto melakukan pengerasan jalan poros Kalak-Nyapah, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Jumat (21/2/2020). (Foto: Irpus/pelitabanten.com)
BANGUN JALAN: Walikota Serang Syafrudin bersama Komandan Kodim 0602 Serang Kolonel Inf Mudjiharto melakukan pengerasan jalan poros Kalak-Nyapah, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Jumat (21/2/2020). (Foto: Irpus/pelitabanten.com)

SERANG, Pelitabanten.com – Setelah 40 tahun tidak aktif, Jalan di Lingkungan yang menyambungkan Lingkungan Kalak, Kelurahan Lebak dan Kelurahan Nyapah di Kecamatan Walantaka, Kota Serang, kembali dibuka. Selama tidak difungsikan, jalan digunakan warga sebagai lahan persawahan.

Pembukaan jalan sepanjang 1,1 kilometer ini dilakukan Pemkot Serang bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0602 Serang melalui kegiatan karya bhakti, pada Jumat (21/2/2020). Kegiatan tersebut turut disaksikan langsung Walikota Serang Syafrudin dan Komandan Kodim 0602 Serang Kolonel Inf Mudjiharto.

Keduanya ikut terlibat melakukan proses pengerasan jalan. Kegiatan itu dilakukan sebagai tahap awal pengerjaan pembangunan jalan. “Hari ini karya bhakti TNI bekerjasama dengan Polri dan Pemkot Serang untuk membuka akses jalan baru dari Kalak ke Nyapah,” kata Walikota Serang Syafrudin di lokasi.

Menurutnya, tahap pengerjaan awal dilakukan pengerasan. Tahap selanjutnya pengaspalan. “Ini dilaksanakan tujuannya untuk mempermudah akses masyarakat menuju jalan poros antara kelurahan dengan kelurahan. Kemudian juga untuk bisa membangun perekonomian masyarakat,” papar Syafrudin.

Kata dia, anggaran untuk karya bhakti tersebut sebesar Rp450 juta. “Sebenarnya ini tanah negara, dulu katanya sempat ada jalan tapi karena sudah enggak aktif maka kita aktifkan lagi,” tambah Syafrudin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Serang M Ridwan menambahkan, secara keseluruhan ada 15 kilometer jalan poros yang akan diperbaiki. “Tersebar (lokasinya), kalau untuk jalan kota itu yang krusial yang kaya Cikepuh, Tb Sueb, Amin Jasuta karena sudah padat,” katanya.

Senada dikatakan Komandan Kodim 0602 Serang Kolonel Inf Mudjiharto. Menurutnya, pembukaan jalan untuk membuka akses perekonomian masyarakat. “Akses ini sebeluknya pada tahun 80-an menurut info adalah jalan. Tapi karena tidak efektif, lalu digerus oleh petani,” katanya.

Lantaran itu, lanjut Mudjiharto, jalan tersebut yang tadinya ada menjadi tidak ada. Untuk itu, pihaknya bersama Pemkot Serang mengaktifkan kembali yang sudah ada sebelumnya. “Kami bekerjasama dengan Pemkot Serang melihat dan ingin menghubungkan perekonomian masyarakat Kalak dengan masyarakat Nyapah,” ujarnya. (Irpus)