Ketua DPRD Kota Serang Sebut Wajar IPM Tangerang Tinggi Karena Banyak Mall

Ketua DPRD Kota Serang Sebut Wajar IPM Tangerang Tinggi Karena Banyak Mall
Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi

SERANG, Pelitabanten.com – Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Serang yang berada di peringkat empat mendapat sorotan dari Ketua DPRD Kota Serang Budi Rustandi.

Menurutnya, masalah tersebut harus mendapat perhatian serius dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkot Serang untuk meningkatkan kinerjanya. “Itu jelas harus ada peningkatan dari OPD-nya,” kata Budi saat dihubungi awak media, kemarin.

Terkait soal IPM Kota Serang yang terendah dibandingkan tiga kota lainnya di Banten, Budi menyebut hal yang wajar. Ketua DPD Gerindra Kota Serang malah menyebut pusat perbelanjaan atau Mall menjadi salah satu yang mempenagruhi. “Wajar daerah Tangerang dan lainnya ini banyak mall dan industri. Dari situ sudah keliatan dari logikanya,” kata Budi.

Menurutnya, jika ingin naik IPM Kota Serang, Pemkot Serang beserta OPD harus mencari solusi seperti meningkatkan ekonomi, pendidikan dan kesehatan. “Berarti harus meningkatkan SDM dan bekerjasama dengan BLK. Ini kuncinya di RTRW karena investornya susah kalo belum jelas,” jelasnya.

Selain itu Pemkot harus mencari solusi dengan cara membuka lapangan pekerjaan. “Kalau yang kesehatan itu, OPD nya juga harus siap pelayanannya. Pendidikan juga sama OPD nya harus siap,” katanya.

“Permasalahan krusialnya kan ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Kan diukurnya dari situ. Kita kan lemahnya gini, lapangan pekerjaan yang kurang, mencangkup ke semua lini, dari anak yang baru lulus, dan belum tentu yang sudah lama lulus juga sudah bekerja,” sambung Budi.

Sebelumnya diberitakan, meski berstatus Ibukota Provinsi Banten, Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Serang hanya anjlok dibandingkan empat kota lainnya di Banten. Sementara, untuk peringkat se-Banten, Kota Serang hanya bertengger di peringkat empat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, Kota Tangerang Selatan mendudukan peringkat tertinggi dengan IPM sebesar 81,48. Disusul Kota Tangerang sebesar 78,43, dan Kota Cilegon sebesar 73,01. Sedangkan Kota Serang sebesar 72,10. “Dibandingkan 2018, IPM Kota Serang mengalami kenaikan sebesar 0,59,” kata Kepala BPS Kota Serang Dadang Ahdiyat.

Wali Kota Serang Syafrudin mengaku akan terus berupaya meningkatkan hal tersebut. Dirinya akan menekankan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk terus berupaya meningkatkan IPM Kota Serang. Terutama yang terkait Pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan. (Irpus)