Resmikan Lomba Dongeng dan Aplikasi IPSA, Bupati Iti: Lebak Cerdas Salah Satu Pilar Pembangunan Lebak

Resmikan Lomba Dongeng dan Aplikasi IPSA, Bupati Iti: Lebak Cerdas Salah Satu Pilar Pembangunan Lebak
Bupati Lebak didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dan Perwakilan PT Aksara Maya meresmikan Lomba Dongeng dan Peluncuran IPSA, Rabu (19/2/2020). (Foto: Istimewa)

LEBAK, Pelitabanten.com – Tiga Pilar pembangunan Kabupaten Lebak, yakni: Lebak Sehat, Lebak Cerdas, dan Lebak Sejahtera adalah prioritas yang terus dikerjakan secara nyata oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Hal tersebut merupakan salah satu poin yang disampaikan Bupati Lebak dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan Lomba Dongeng tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Lebak sekaligus peluncuran aplikasi IPSA (Indonesia Perpuskataan Saijah Adinda) yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lebak, di Aula Diskerpus Lebak, Rabu (19/2/2020).

“Saya berharap melalui kegiatan lomba dongeng ini bisa meningkatkan minat baca siswa siswi di Kab. Lebak. Karena upaya peningkatan minat merupakan bagian dari program pemerintah menuju Lebak cerdas,” ujar Bupati.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lebak Budi Sugianto menyampaikan laporannya di depan Bupati yang didampingi oleh Para Asisten Daerah serta Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Lomba Dongeng diikuti oleh 30 peserta perwakilan SD dan 30 peserta yang mewakili SMP dari 28 kecamatan di Kabupaten Lebak.

“Lomba dongeng tingkat SD dan SMP ini masing-masing diikuti sebanyak 30 peserta yang mewakili sekolah dari 28 kecamatan. Merupakan kegiatan yang dianggarkan oleh APBD tahun 2020. Kami memohon bimbingan dan arahan dari Ibu Bupati agar program Lebak Cerdas dapat direalisasikan secara optimal,” kata Kadiskerpus Lebak.

Bupati juga menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasihnya kepada PT Aksara Maya Jakarta yang memberikan hibah berupa bantuan aplikasi perpustakaan berbasis internet. IPSA merupakan aplikasi peminjaman buku elektronik yang diperuntukan bagi masyarakat yang akan dikelola Diskerpus Lebak.

“Semoga melalui E-book (buku elektronik) yang berbasis android dan komputer ini bisa di jangkau dan dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kab. Lebak dimanapun berada,” ungkap Bupati.

Sementara itu Perwakilan PT. Aksaramaya Aang menyampaikan Aplikasi IPSA hadir di Kab. Lebak untuk memberikan informasi yang valid juga sebagai salah satu solusi atas keterbatasan koleksi bahan bacaan perpustakaan dalam bentuk buku cetak serta alternatif atas keterbatasan akses perpustakaan karena jarak tempuh yang teramat jauh.

Peresmian Lomba Dongeng dan Peluncuran aplikasi IPSA ditandai dengan penekanan tombol oleh Bupati Lebak yang didampingi Kepala Diskerpus dan Perwakilan dari PT Aksara Maya Jakarta sebagai tanda telah dibukanya aplikasi Perpustakaan berbasis internet.