Beranda Peristiwa Kota Tangerang Oknum DLH Diduga Keras Jual Beli Pekerjaan Kebersihan Jalan

Oknum DLH Diduga Keras Jual Beli Pekerjaan Kebersihan Jalan

Oknum DLH Diduga Keras Jual Beli Pekerjaan Kebersihan Jalan
Foto Oknum DLH Diduga Jual Beli Pekerjaan Kebersihan Jalan. Pelitabanten.com (Iwan K. Halawa)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Diduga oknum dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota melakukan jual beli pekerjaan kebersihan jalan dan jual jalur sebagai penyapu pemberaihan jalan di Kota Tangerang.

Hal tersebut terkuak saat oknum koodinator berinisial DD mengembalikan uang titipan di dalam lamaran kerja senilai Rp 3 juta rupiah terhadap calon pekerja kebersihan penyapu jalan yang berinisial SR pada Kamis 23 Januari 2020 lalu.

SR Warga Sintanala Kota Tangerang, Senin (03/02/2020) kepada wartawan membenarkan, uang yang diberikan kepada DD untuk membantu penerimaan kerja kebersihan di DLHK Kota sudah dikembalikan, pekerjaan kebersihan tersebut untuk melanjutkan yang sebelumnya pekerjaan tersebut di kerjakan oleh suaminya yang tersandung hukum.

“Oknum DD sebelumnya akan memberikan pekerjaan kebersihan tersebut kepada saya, namun sampai sekarang pekerjaan tersebut belum di terima,” ujarnya.

Baca Juga:  Komisi II DPR RI Dukung Langkah Gubernur Atasi Masalah PPDB 2019

Lebih jauh SR mengemukakan bahwa, saat uang tersebut dikembalikan oknum DD terlihat kesal dan mengatakan gara-gara dirinya membuat sulit pekerja lainnya untuk bekerja. “Sekarang jadi susah, aturan dengan pake uang mudah sekarang gara – gara ibu jadi susah,” ucap SR menirukan perkataan DD.

SR juga mengatakan, permainan jual beli pekerjaan kebersihan di DLHK Kota diduga banyak terjadi, namun para pekerja kebersihan jalan tidak mau angkat bicara karena telah bekerja disana dan butuh pekerjaan.

“Saya juga di iming-iming oknum DD untuk bekerja membersihkan di wilayah barat persianya di jalan M 1 Bandara -Hatta yang jelas-jelas wilayah tersebut bukan kewenanganya. Masa saya suruh bayarin jalur orang bang kan kalau jual-jalur itu seharga 15-25 juta, itu alasanya saya memberikan uang 3 juta kepada DD untuk melanjutkan pekerjaan suami saya yang berhenti, karena tersangkut hukum,” ucapnya.

Baca Juga:  Datangi Bursa Efek, Presiden Jokowi: Manfaatkan Momentum Kepercayaan Pasar
Kabid Kebersihan Buceu saat di konfirmasi. Iwan K Halawa Pelitabanten.com

Sementara, Kabid Kebersihan DLHK Kota Buceu membenarkan, adanya pemberian uang tersebut yang di berikan SR kepada DD. Pemberian uang tersebut tidak dasar permintaan DD itupun sudah dikembalikan kepada SR oleh DD.

“Dalam aturan penerimaan kerja kebersihan di DLHK Kota mengutamakan pekerja untuk melanjutkan pekerjaannya. Seperti suami SR merupakan pekerja lanjutan dari orang tuanya yang sebelumnya bekerja sebagai kebersihan jalan, jadi tidak ada alasan untuk memberikan tip untuk melanjutkan pekerjaan bagi ahli warisnya,” tegasnya.

Saat ditanya adanya dugaan jual beli jalur Buceu menjelaskan, kalau permasalahan jalur kewenanganya ada di Kabid Kebersihan DLHK Kota bukan di DD.

“Jadi saya pastikan jual beli jalur tidak ada karena yang punya kebijakan masalah jalur ada di saya, terkait penawaran tersebut saya tidak mengetahui dan akan saya cek kebenaranya,” terangnya.(Iwan K. Halawa)