Pelepasan Masa Lajang Ala Korps Sangkur Anggota Yonif Mekanis 203/Arya Kemuning

Pelepasan Masa Lajang Ala Korps Sangkur Anggota Yonif Mekanis 203/Arya Kemuning
prosesi pernikahan anggota Yonif Mekanis 203/ Arya Kemuning Prio Hermawan dengan Loora Pusvita Sukma Cahyana. Huda R Alfian Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Melepas masa lajang merupakan suatu kebahagiaan bagi kedua mempelai, baik laki-laki maupun perempuan. Namun sepertinya lebih bahagia lagi, jika sang mempelai laki-laki merupakan prajurit TNI. Pasalnya, prosesi pernikahan prajurit TNI akan diwarnai upacara Korps Sangkur Pora.

Seperti pada prosesi pernikahan anggota Yonif Mekanis 203/ Arya Kemuning Prio Hermawan dengan Loora Pusvita Sukma Cahyana, yang dilangsungkan di Raffles Grand Ballroom B, Balekota Mall Jalan Jendral Sudirman, Buaran Indah Kota Tangerang, Minggu, 02/02/2020.

Dihadapan para tamu undangan yang hadir, Prio Hermawan yang merupakan putra pertama dari Suyitno dan Rokhyanti dengan Loora Pusvita Sukma Cahyana putri pertama dari Budi Cahyana dan Yati Sugiarti, usai melakukan ijab kabul, dengan saksi pernikahan dari Anggota DPRD Kota Tangerang Dedi Fitriadi, dilanjutkan dengan upacara militer Sangkur Pora, yang sudah menjadi tradisi pada prosesi pernikahan anggota TNI.

Dedy Fitriadi Anggota DPRD Kota Tangerang saat menghadiri dan menjadi saksi prosesi pernikahan Prio Hermawan dengan Loora Pusvita Sukma Cahyana. Pelitabanten.com

Salahsatu koordinator dalam acara resepsi pernikahan, Sultan Hasanudin yang mewakili Budi Cahyana dari orangtua keluarga mempelai wanita mengatakan, upacara korps sangkur pora memang sengaja dilakukan sebagai upacara sakral yang biasa dilakukan keluarga besar TNI dari adat korps seorang prajurit, dengan tujuan nilai positif budaya pernikahan.

“Upacara tersebut dilakukan keluarga mempelai pria, sebagai suatu budaya seorang TNI yang bertujuan atau dengan arti, sebuah keluarga selalu dijaga sebagai seorang kesatuan yang nanti seorang mempelai wanita telah menjadi (Persit) sebagai keluarga besar TNI,” ungkapnya.

Sebagai anggota Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning atau Yonif Mekanis 203/AK, yang berkedudukan di Jalan Gatot Subroto KM.6, Jati Uwung Kota Tangerang, dibawah Brigif/Jaya Sakti, Kodam Jaya.

Disela acara yang berlangsung Hasanudin juga menjelaskan, acara pernikahan yang berlangsung, tidak hanya melibatkan relasi prajurit TNI, namun dengan jiwa sosial seorang Budi Cahyana, yang mengabdikan diri di Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, diapresiasi para tokoh besar yang menyempatkan untuk hadir dalam resepsi pernikahan putrinya tersebut.

“Selain keluarga besar dari Batalyon Yonif 203/ Arya Kemuning yang hadir, relasi Ayahanda dari Loora Pusvita Sukma Cahyana nampak hadir dengan turut mengundang para tokoh penting dari para petinggi Kota Tangerang, diantaranya Walikota Tangerang dan Wakil Wali Kota Tangerang, dan banyak lagi tokoh penting Kota Tangerang lainnya yang untuk sekedar menyempatkan hadir pada acara pernikahan ini,” jelas Hasanudin.

Selain itu, Dedi Fitriadi sangat bangga, dalam kesempatan menjadi saksi pernikahan yang dianggapnya sangat istimewa dan luarbiasa. “Budi Cahyana yang menganggap saya sebagai orangtua sendiri, disini saya dipinta sebagai saksi pernikahan. Semoga untuk kedua mempelai dapat menjadi keluarga yang samawa dan mempelai wanita harus siap menjadi keluarga persit, dalam mendampingi kewajiban tugas Suaminya nanti,” harapnya.

Diketahui, kelancaran acara resepsi pernikahan itu, juga atas dukungan segenap keluarga besar Yonif 203/ Ak dan dibantu pengamanan keluarga besar organisasi FKPPI Kota Tangerang juga HIPAKAD Kota Tangerang.