DPK Banten Kampenyekan Kegemaran Membaca di SMKN 8 Pandeglang

Evi Syaefudin, Kasi Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK Banten tengah memberikan motivasi kegemaran membaca di hadapan siswa SMKN 8 Pandeglang. (Foto Istimewa)

PANDEGLANG, Pelitabanten.com – Diikuti sekira 50 siswa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten melakukan kegiatan kampanye kegemaran membaca di SMK Negeri 8 Pandeglang yang terletak di Desa Cikoneng, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, pada Rabu (29/1/2020) lalu. Dimana sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang tengah berupaya untuk meningkatkan kualitas lulusannya agar bisa bersaing, baik dalam dunia kerja maupun pada jenjang pendidikan berikutnya.

“Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa SMA/SMK di Provinsi Banten,  di SMK Negeri 8 Pandeglang kali ini kegiatan diikuti kurang lebih 50 orang siswa,” terang Evi Syaefudin, Kasi Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK, saat dihubungi via Whatsapp, Sabtu (1/2/2020).

“Mencoba memotivasi agar siswa meningkatkan daya baca sebagai bekal dalam mengahadapi tantangan dimasa depan,” imbuhnya.

Rangkaian kegiatan diisi dengan diskusi/ talkshow, nonton bareng (nobar) film edukatif, pembinaan pengelolaan perpustakaan sekolah, dan tidak ketinggalan pula layanan perpustakaan keliling. Sementara pembinaan pengelolaan perpustakaan dipandu oleh Chaerunisa, pustakawan DPK Banten dengan berbagi informasi bagaimana cara menginstal atau memasang perangkat lunak Instalasi Sistem Informasi Perpustakaan (Inlislite).

“Selain melaksanakan kegiatan diskusi dengan siswa (talkshow), kami juga melakukan kegiatan nonton film edukatif, pembinaan perpustakaan serta perpustakaan keliling. Pembinaan perpustakaan dilakukan dengan melakukan sharing informasi dengan pengelola perpustakaan sekolah serta instalasi sistem informasi perpustakaan (Inlislite),” ujar Chaerunisa.

Sementara diskusi yang diketengahkan tentang pentingnya membaca bagi siswa, baik dalam mendukukung proses belajar yang tengah dilakukan maupun dalam upaya peningkatan kualitas dan kapasitas siswa untuk menghadapi masa depannya.

“Tujuannya adalah mencoba memotivasi agar siswa meningkatkan daya baca sebagai bekal dalam mengahadapi tantangan dimasa depan,” imbuh Epink, sapaan akrab Kasi Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK.

Kampanye kegemaran membaca dengan tujuan meningkatkan minat baca siswa SMA/SMK di Provinsi Banten oleh DPK diharapkan budaya baca akan berdampak bagi masyarakat. Dengan budaya baca yang tinggi, diharapkan mampu melahirkan sebuah genarasi pembelajar yang mampu menghadapi tantangan zaman.