Diskerpus Lebak Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD dan SMP, Pendaftaran Dimulai 1 Februari

Ir. Budi Sugianto, Kadiskerpus Lebak memaparkan beberapa program kerja tahun 2020 di ruang kerjanya. (Foto Istimewa)
Perpus Kab Serang

LEBAK, Pelitabanten.com – Membaca dan Menulis merupakan bagian terpenting dari kecakapan literasi yang mesti dimiliki di era milenial saat ini. Kecakapan baca tulis adalah yang pertama dari enam literasi dasar, yakni; literasi baca tulis, literasi numerasi/berhitung; literasi sains, literasi finansial, literasi digital, dan literasi budaya dan kewargaan.

Dalam rangka pembudayaan minat dan kebiasaan membaca masyarakat Kabupaten Lebak, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menyelenggarakan Lomba Bercerita Tingkat SD dan SLTP se-Kabupaten Lebak yang akan dilaksanakan pada 19 Februari 2020 mendatang.

“Lomba bercerita untuk tingkat SD dan SMP di Kabupaten merupakan program tahunan yang diselenggarakan Diskerpus Lebak. Tahun ini rencananya insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal 19 Februari mendatang,” kata Kadiskerpus Lebak Ir. Sugianto, Jumat (31/1/2020).

Adapun pendaftaran peserta dimulai terhitung tanggal 1 sampai dengan 18 Februari 2020. Untuk mendaftarkan diri, calon peserta bisa datang langsung ke Bidang Perpustakaan di lantai dua Diskerpus atau bisa juga menghubungi nomor kontak panitia (Tlp/ WA) Lista 0859-3000-4523 Rizal 0896-1532-9334.

Disampaikan oleh Nuryakman, Kasi Perpustakaan Bidang Perpustakaan Diskerpus Lebak, Lomba bercerita dengan tema “Cerita Rakyat Kearifan Budaya Lokal Kabupaten Lebak” akan diikuti peserta baik tingkat SD maupun SMP masing-masing berjumlah 30 orang yang akan dikoordinasikan dengan Kepala UPTD Disdikbud se-Kabupaten Lebak untuk tingkat SD dan Ketua Wilbi 1 s/d 7 Disdikbud Kabupaten Lebak untuk tingkat SMP. Setiap kecamatan diminta mengirimkan 1 utusan peserta terbaik tingkat SD dan SMP.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lebak melalui UPT dan Wilbi untuk peserta baik SD maupun SMP, masing-masing kecamatan akan mengirimkan 1 utusan terbaiknya,” ujarnya.

Kasi Perpustakaan Nuryakman (berkacamata) saat berbincang dengan Pelitabanten.com di beranda Diskerpus Lebak. (Foto Istimewa)

Lomba bercerita yang memperebutkan hadiah uang pembinaan total Rp.10.500.000 dipotong pajak ini, dewan juri akan menilai beberapa unsur kriteria, seperti; kesesuaian isi cerita, penguasaan materi cerita, penguasaan ekspresi, dan teknik penguasaan panggung.

Sebagai bagian dari program pembinaan Diskerpus Lebak, bagi peserta yang berhasil meraih juara I baik tingkat SD maupun SMP berhak mewakili Lebak untuk mengikuti lomba ke tingkat Provinsi Banten, dan apabila menjadi Juara I di Tingkat Provinsi Banten, peserta dilanjutkan ke Tingkat Nasional.

“Juara I juga berhak mendapatkan bimbingan dari Dewan Juri sebelum mengikuti lomba di tingkat Provinsi Banten dan Nasional,” pungkas Nuryakman.