Layanan Perpustakaan Keliling Diskerpus Lebak Sambangi Bayah dan Cibeber

Kasi Layanan Diskerpus Lebak Sriyani tengah memberikan pengarahan terkait pengembangan minat baca siswa di SDN 2 Bayah Barat, Kecamatan Bayah, Selasa (28/1/2020). Foto Istimewa

LEBAK, Pelitabanten.com – Mobil dinas layanan perpustakaan keliling milik Dinas kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak menyambangi sekolah-sekolah dengan tujuan meningkatkan minat baca bagi para siswa. Sebanyak dua tim dengan masing-masing kendaraan layanan pusling berbagi tugas di dua lokasi berbeda; Kecamatan Bayah dan Kecamatan Cibeber.

Dipimpin oleh Kasi Layanan Diskerpus Lebak Sriyani, kegiatan tersebut menyambangi tiga sekolah di Kecamatan Bayah, yakni SDN 1,2,4 Bayah Barat dan di Kecamatan Cibeber, yakni SDN 1 dan 2 Warungbanten dan SDN 1 Cibeber.

“Tahun 2020 ini program layanan perpustakaan keliling akan mendatangi tiga titik lokasi sekolah  di tiap kecamatan. Kali ini kami mendatangi SDN 1,2, dan 4 Bayah Barat, Kecamatan Bayah dan SDN 1 dan 2 Warungbanten dan SDN 1 Cibeber, Kecamatan Cibeber,” terang Sriyani saat berbincang dengan Pelitabanten.com, Kamis (30/1/2020).

Kegiatan Layanan Perpustakaan Keliling di Kecamatan Bayah difokuskan di SDN 2 Bayah Barat dengan mengundang kepala Sekolah dan siswa-siswi dari SDN 1 Bayah Barat dan SDN 4 Bayah Barat. Selain membaca, kegiatan tersebut diselingi dengan berbagai permainan dan pembagian hadiah menarik.

Kegiatan Perpustakaan Keliling ini disambut meriah dan antusias oleh seluruh pelajar setelah sebelumnya berkoordinasi dengan Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Bayah Sotomi Wijaya. Sementara di Kecamatan Cibeber berkoordinasi dengan Wikanta, Kepala SDN 1 Warungbanten.

“Kegiatan Perpustakaan Keliling ke desa-desa merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan buat saya. Meskipun jarak perjalanan terkadang membutuhkan waktu hingga seharian. Disana saya menyaksikan betapa anak-anak sekolah, terutama anak-anak Sekolah Dasar sangat antusias membaca buku yang tersedia di kendaraan pusling. Hal itu membuat saya akan terus menerus berusaha memperbaiki pelayanan ini, agar tujuan menumbuhkan minat baca dapat berkembang di masyarakat,” ungkapnya.

Sementara dalam kesempatan tersebut, pihak Diskerpus Lebak melakukan silaturahmi dengan pengurus Perpustakaan Desa membagikan buku pedoman Perpustakaan Desa.

Beberapa waktu yang lalu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten menitipkan sebanyak 255 eksemplar buku Pedoman Perpustakaan sebagai pegangan bagi pengelola perpustakaan desa.

Hal tersebut disambut hangat oleh Kadiskerpus Lebak Budi Sugiyanto yang segera memerintahkan kepada Nuryakman, Kasi Perpustakaan untuk menyebarkan Buku Pedoman tersebut.