Berkoordinasi dengan Pemkab Lebak, Rumah Zakat Rancang Program Pasca Bencana

Cabang Rumah Zakat Cilegon Banten saat bersilaturahmi dengan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi di ruang Wakil Bupati, Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak, Rabu (29/1/2020).

LEBAK, Pelitabanten.com Rumah Zakat Action yang merupakan unit Penanggulangan Bencana Rumah Zakat, telah menerjunkan 50 relawan evakuasi dan mengirimkan bantuan sejak hari pertama bencana yang terjadi pada awal januari lalu. Hal tersebut disampaikan Saibani, Kepala Cabang Rumah Zakat Cilegon Banten saat bersilaturahmi dengan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi di ruang Wakil Bupati, Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak.

“Hari ini kami bersilaturahmi dengan Pak Wakil Bupati, sekaligus berkordinasi terkait penanganan pasca bencana di Kabupaten Lebak,” ujar Saibani, Rabu (29/1/2020).

Saibani juga menuturkan rencana kerja Rumah Zakat kedepan dalam turut serta membantu masyarakat pasca bencana, untuk itu Rumah Zakat dinilai perlu bersinergi dengan program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemkab Lebak.

“Kedepan kami akan membuat jembatan darurat, membangun tempat belajar darurat, turut membersihkan tempat ibadah dan kegiatan sosial lainnya,” imbuh Saibani.

Sejak bencana banjir bandang terjadi, uluran tangan dari berbagai pihak dan lembaga relawan terus mengalir. Wakil Bupati mewakili pemerintah dan masyarakat Lebak mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih atas apa yang telah dilakukan pihak Rumah Zakat.

“Tentunya pemerintah saja tidak cukup menanggulai bencana yang menimpa, tanpa bantuan dari para relawan, untuk itu kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih sebanyak-banyak kepada seluruh pihak yang turut membantu dalam menghadapi bencana ini, seperti halnya Rumah Zakat,” tutur Ade Sumardi.

Dikatakan pihak Rumah Zakat sendiri telah mendirikan posko-posko dapur darurat dan posko kesehatan di lokasi terdampak bencana.