Melihat Perayaan Malam Imlek di Vihara Nimmala Boen San Bio

Melihat Perayaan Malam Imlek di Vihara Nimmala Boen San Bio
Malam Imlek, Vihara Nimmala Boen San Bio Terus Dipadati Umat Tionghoa Untuk Sembahyang. Foto Supriyadi Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Tahun Baru Imlek merupakan tradisi yang selalu dinantikan kedatangannya penuh suka cita oleh umat Tionghoa, dimana berkumpul bersama sanak keluarga dengan suasana yang ramai.

Malam jelang perayaan Imlek (tahun baru cina) yang jatuh pada 25 Januari 2020, umat Tionghoa terus berdatangan dan memadati Vihara Nimmala Boen San Bio untuk sembahyang memanjatkan doa doa disetiap tempat peribadatan yang telah dipersiapkan. Jumat (24/01/2020) malam.

Masuk sebagai cagar budaya di Kota Tangerang, salah satu Vihara tertua yang berada di jalan KS Tubun Pasar Baru Kecamatan Karawaci ini masih menjadi pilihan bagi sebagian besar umat tionghoa untuk tempat sembahyang setiap kali perayaan keagamaan tiba. Bahkan, umat yang datang bukan hanya dari Kota Tangerang saja melainkan banyak dari Jakarta dan sekitarnya.

Rika Salah satu pengurus vihara boen san bio mengatakan, pada perayaan imlek tahun ini cukup meriah. Dimana terlihat, umat silih berganti terus berdatangan untuk melakukan sembahyang memohon perlindungan kepada yang mahakuasa agar terus diberikan perlindungan di tahun baru ini.

“Malam ini kurang lebih seribuan orang umat telah datang ke vihara Boen San Bio mengikuti berbagai rangkaian kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Rika.

Kegiatan tiap tahunnya kurang lebih sama, dimana menyediakan pohon kebajikan untuk menuliskan harapan di tahun yang baru dengan menggantukannya di pohon yang kemudian mengambil angpao kebajikan untuk mengetahui anjuran yang harus dilakukan di tahun ini.

“Bukan hanya itu, pertunjukan Barongsai dan Leon Scott lite (lampu-lampu) yang dimainkan oleh anak kecil menjadi salah satu yang wah agak berbeda dari tahun sebelumnya,” terangnya.

Pertunjukan Alat musik tradisional Cina Guzheng juga akan ditampilkan serta orang yang menggunakan costum Cai sen yeh membagikan wisit kepada para umat yang datang.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat Mengunjungi Vihara Nimmala Boen San Bio, Jum’at (24/1) Malam Didampingi Kapolres Metro Tangerang Kota dan Dandim 0506/TGR. Foto Pelitabanten.com

Disisi lain, dalam menjaga kelancaran proses perayaan Tahun Baru Imlek agar tidak ada gangguan terjadi. Pihak keamanan dari TNI-Polri hadir ditengah-tengah umat.

Seperti di Vihara Nimmala Boen San Bio ini contohnya dikunjungi Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Heryanto, Dandim 0506/TGR Letkol Inf Wisnu Kurniawan melakukan pengecekan agar tidak ada gangguan terjadi.

“Agar perayaan tahun baru imlek tetap berjalan aman dan kondusif, kami menurunkan sebanyak 350 personil gabungan telah di floting di 30 titik Vihara yang ada di Kota Tangerang, Namun untuk tiga Vihara besar kekuatan persoanil sedikit berbeda dari tempat-tempat lainnya,” Ujar Kapolres.

“Situasi keamanan perayaan tahun baru imlek tahun 2020 saya jamin aman dan pastikan tidak ada sedikitpun gejolak terjadi,” tukasnya.(Iwan K. Halawa)