TBM Jawara Ajak Anak-anak Suka Sejarah Kesultanan Banten

TBM Jawara Ajak Anak-anak Suka Sejarah Kesultanan Banten
Agenda TBM Jawara "Minggu Seru Baca Buku" di Keraton Kaibon setiap Minggu sore (Foto: Istimewa)

Serang, Pelitabanten.com – TBM Jawara mengajak anak-anak menyukai sejarah Kesultanan Banten dengan cara bermain dan bergembira serta penjelasan yang singkat dan mudah diserap. Hal itu merupakan salahsatu tujuan diadakannya agenda “Minggu Seru Baca Buku” di Keraton Kaibon setiap Minggu sore.

Seperti disampaikan Rani, salahsatu relawan TBM Jawara bahwa kegiatan ini diharapkan muncul kebanggaan dan rasa cinta terhadap sejarah dan budaya yang ada, sehingga ada keinginan selalu menjaga nilai-nilai kebudayaan dan kejayaan para pendahulunya.

“Kegiatan rutin ini semoga bisa memberikan pengetahuan tentang sejarah kepada masyarakat sekitar khususnya anak-anak, sehingga memunculkan kebanggaan dan rasa cinta terhadap sejarah dan budaya serta mampu menjaga nilai-nilai kebudayaan dan kejayaan para pendahulu kita,” ungkap Rani, Minggu (19/1/2019).

Agenda “Minggu Seru Baca Buku” di Keraton Kaibon kali ini merupakan rangkaian kegiatan one day tour wisata literasi sejarah di Kawasan Keraton Kesultanan Banten yang dilaksanakan sejak pekan lalu. Hadir dalam kegiatan tersebut Duta Wisata Cilik Banten Aida Caren.

Dijelaskan oleh Ketua TBM Jawara Maulidia, seperti biasa dalam kegiatan ini anak-anak yang biasa mengikuti kegiatan membukanya dengan doa dan membaca buku, setelah itu dipaparkan sedikit pengarahan, kemudian anak-anak diajak menyusuri tempat-tempat di Keraton Kaibon dengan sedikit menjelaskan dan menceritakan sejarah dan keadaannya sekarang.

“Kali ini saya bersama Aida Caren selaku Duta Wisata Cilik Banten serta para relawan mengajak anak-anak untuk mengelilingi Keraton Kaibon, tentunya setelah kegiatan wajib membaca buku bersama,” ujar Maulidia yang pada 26-29 Juni 2019 menjadi peserta program Residensi Pegiat Literasi se-Indonesia di Lebak.

Serunya “Minggu Seru Baca Buku” pun dirasakan Aida Caren yang mengikuti kegiatan hingga selesai, baginya kegiatan ini sangat mengasyikan dan bermanfaat. Tak hanya itu iapun ingin mengikuti kembali kegiatan bersama TBM Jawara di kegiatan berikutnya.

“Seneng ikut kegiatan bareng TBM Jawara, Jadi pengen gabung lagi. Anak-anak didiknya baik-baik, ga sombong,” ucap Caren ceria.

Sebagai Duta Wisata Cilik Banten Aida selalu menghimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar Keraton Kaibon disela-sela kegiatan tersebut sebagai bukti kecintaan terhadap sejarah Banten. (Badri)