Program Polri Peduli Penghijauan, Polres Lebak Tanam 150 Pohon

Perpus Kab Serang

Lebak, Pelitabanten.com – Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan Hari Sejuta Pohon Sedunia, Polres Lebak Polda Banten dan jajarannya menggelar Program Polri Peduli Penghijauan dengan menanam 150 pohon di halaman markas Kepolisian Resort Lebak.

“Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan Hari Sejuta Pohon Sedunia, kami jajaran Polres Lebak Polda Banten bersama Bhayangkari Cabang Lebak melaksanakan penanaman pohon. Tujuannya untuk melestarikan dan menghijaukan kembali tanah kita,” kata Kapolres Lebak AKBP Firman Andreanto, S.H., S.I.K., M.Si. dalam keteranganya, Jumat (10/01/2020) lalu.

Penanaman sebanyak 150 batang yang terdiri Pohon Mahoni 50 batang, Rambutan 30 batang, Mangga 30 batang, Jambu Jamaika 30 batang, pohon pala 10 batang sebagai penyangga alam untuk menghindari bencana banjir dan tanah longsor.

“Sebab itulah Kapolri di awal Tahun 2020, memformulasikan program Polri Peduli Lingkungan yang diperingati bersamaan dengan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia,” imbuh Kapolres Lebak.

Kapolres Lebak menyampaikan bencana banjir bandang di lebak, menyebabkan korban jiwa dan ribuan warga mengungsi di 12 titik pengungsian. Firman mengatakan akan terus meningkatkan kewaspadaan bencana yang diprediksi masih terjadi mengingat musim hujan akan terjadi hingga Februari 2020 mendatang.

“Beberapa hal terkait Kesiapsiagaan kami lakukan yaitu, mempersiapkan personil siaga bencana alam baik di tingkat Polres  maupun di tingkat Polsek. Selain itu juga menyediakan sarana perahu karet, rakit buatan dan personil kesehatan lapangan melalui bidang kesehatan Urdokes Polres Lebak,” pungkasnya.