Sepekan Pasca Banjir, Ratusan Petugas Masih Disiagakan

Sepekan Pasca Banjir, Ratusan Petugas Masih Disiagakan
Petugas Terus Bekerja Mengangkut Tumpukan Sampah Pasca Banjir Lalu. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.comSepekan pasca banjir melanda beberapa wilayah di Kota Tangerang ratusan petugas masih disiagakan membantu warga terdampak.

Masyarakat mengaku sangat terbantu dengan hadirnya puluhan petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang yang mengangkut sampah pasca bencana banjir yang melanda beberapa waktu lalu.

Widiastuti, salahseorang Warga Puri Kartika kelurahan Tajur Kecamatan Ciledug kepada wartawan mengaku lega pasalnya sampah yang didominasi perlatan rumah tangga tersebut menumpuk dan terlihat kumuh apabila dibiarkan berhari hari berada disekitar rumahnya.

“Bapak – Bapak petugas juga membantu memindahkan barang barang kami yang rusak terkena banjir,”Kata Widi kepada wartawan, Rabu (8/1/2020).

Angkut Sampah dan Bebersih Pasca Banjir Sepekan Lalu. Foto Pelitabanten.com

Ia menilai bantuan uang dan logistik hampir sebanding dengan bantuan tenaga dari puluhan petugas yang dikerahkan oleh pemerintah kota tangerang untuk kembali merapihkan barang – barangnya pasca terkena bencana banjir.

“Terima kasih bukan cuma bantuan makanan, evakuasi dan posko kesehatan tapi beberes rumah juga kami dibantu oleh petugas dari SatpolPP dan bapak dari dinas kebersihan,”kata Widi.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan pada dinas lingkungan hidup Kota Tangerang Buceu Gartina mengaku eskalasi kenaikan volume sampah yang ada pasca banjir mencapai 50 hingga 60 persen disetiap harinya.

Meski demikian, ia mengaku dengan luas 34 hektar, TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Rawa Kucing masih bisa untuk dibebani sampah tambahan pasca banjir.

“Sebelum banjir sampah yang ditampung di TPA kurang lebih 1300 ton perharinya, dan dengan tambahan 600 sampai dengan 800 ton TPA masih bisa menampungnya,”kata Buceu.

Pada penanganan sampah pasca banjir, Ia mengaku mengerahkan tidak kurang dari 700 orang personilnya yang disebar dibeberapa titik yang banjir di 13 kecamatan yang ada dikota Tangerang.

“Semua menjadi prioritas kami, hanya saja dengan keterbatasan yang kami miliki tentunya belum semua masyarakat dapat terlayani, namun pada intinya hanya masalah waktu pasti akan kami layani dengan baik,”jelas Buceu.

Sementara itu, Kepala bidang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat pada SatpolPP kota Tangerang A. Ghufron Falfeli mengaku pada penanganan pasca banjir pihaknya menerjunkan 80 persen dari jumlah keseluruhan pasukannya.

“Sisanya kami ploting untuk patroli yang rutin kami lakukan disetiap harinya,”jelas Ghufron.

Ia mengaku, selain membantu dinas lingkungan hidup pasca bencana banjir, jajarannya juga disiagakan dibeberapa posko dan dapur umum untuk membantu mempersiapkan logistik dan penyalurannya.

“Kami berharap dapat sedikit meringankan beban masyarakat yang terkena dampak langsung dari banjir yang melanda kemarin,”tuturnya.