Inggrit Astridayanti

Inggrit Astridayanti
Inggrit Astridayanti. Dokumentasi Pelitabanten.com

Pelitabanten.comInggrit Astridayanti adalah sosok Aktivis Putri Daerah – Pendidik – Sosial & Humaniora – Produser Seni Pertunjukan (Theater & Music).

Tangerang, 07 Juni 1994

Sampai Dengan Saat Ini,

MENTOR

1. Moh. Basri, M. Pd ( Ayah )
2. Drs. Marsudi Haryoputro ( Motivator )
3. Drs. Sachrudin ( Motivator )
4. Romi Abidin ( Creative Motivator )
5. Endah Resmiati, S. Pd, M.Si ( Motivator )
6. Ir. Purwacaraka ( Motivator )
7. Prof. Tjut Nyak Deviana Daudsjah, M. Th,. A. Mus. D. ( Profesor Musik & Seni Pertunjukan )
8. Semua Senior, Guru dan Dosen selama pendidikan.

RIWAYAT

Memadukan bakatnya terhadap Kesenian dan Kebudayaan, INGGRIT berhasil dikenal dan dijuluki aktivis muda yang multi talenta.

Wanita kelahiran Cipondoh Kota Tangerang 7 Juni 1994 ini memiliki nama lengkap INGGRIT ASTRIDAYANTI. Ia menghabiskan masa kecilnya bersama Ayahnya untuk mengenal beberapa alat musik dan memainkannya di Kampung Kelahiran Poris Plawad, Cipondoh – Kota Tangerang.

Lulus SMK – Akomodasi Perhotelan pada 2012, Inggrit mengenal banyak pengalaman dan ilmu di dunia pariwisata sehingga kagum, penasaran serta menantang. Inggrit memutuskan lanjut sekolah musik disalah satu Lembaga Pendidikan Musik di Jakarta Indonesia yang ter-akreditasi dengan memilih Program Piano Kontemporer. Alasan memilih Sekolah Musik, Inggrit berfikir dengan belajar musik kita mempelajari ilmu kehidupan beserta seluruh isi di dunia ini, maka dengan mempelajarinya kita senantiasa siap menjalani dan menghadapi hal apapun yang ada di depan mata kita. Tidak hanya belajar Musik, Inggrit pun bertekad keras melanjutkan pendidikan kuliah jenjang S1 dengan harapan dapat membentuk dirinya menjadi pribadi yang berintelektual dan tertanam bekal yang cukup demi menopang perjalanan hidupnya. Inggrit lulus S1 dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Saat menjalani kuliahnya Inggrit mungkin tidak seperti pelajar lainnya yang hanya pulang pergi kampus tanpa ada kegiatan lain, namun Ayah dan Ibunya Inggrit mendidik untuk menjadi pribadi yang mandiri serta bertanggung jawab. Inggrit pun harus berusaha keras berjuang demi bisa sekolah dan menjadi pelajar yang berprestasi. Selama sekolah dari mulai duduk di SMK sampai menduduki bangku kuliah, Inggrit pun berhasil menjadi pelajar yang berprestasi bidang akademik maupun non-akademik seperti kesenian, kebudayan dan sempat menjadi perwakilan Duta Tangerang untuk mengikuti ajang kegiatan Duta Daerah tingkat Kota / Provinsi bahkan Nasional. Inggrit pun bersyukur atas beasiswa yang diperoleh selama pendidikan di tingkat SMK dan S1. Inggrit yang dijuluki sebagai aktivis muda yang multi talenta dan kreatif ini sekarang sedang melanjutkan S2-nya di salah satu Internasional Standard Academy yang berlokasi di Jakarta Selatan Indonesia Program Studi Performing Arts Bussines & Management.

Inggrit memberanikan diri tampil diberbagai acara dan menuangkan idenya demi mengangkat Kesenian dan Kebudayaan Kota Tangerang – Banten. Bagi Inggrit, memainkan alat musik Tradisional maupun Modern seperti melukiskan nuansa indah alam semesta dengan media suara. Di Cipondoh, Kota Tangerang, sendiri ia sudah terbiasa mengasah kemampuan bakatnya. Ia ikut bergabung dan berbincang dengan para tokoh, guru, senior musisi, seniman & budayawan sambil belajar serta menggali kekayaan yang ada di alam semesta ini.

Saat kuliah tingkat S1, namanya mulai dikenal sebagai Musisi, Seniman, Aktivis Muda Multi Talent berjiwa Kemanusiaan & Sosial. Proses pun menuaikan hasil prestasinya yang mendorong Dinas Pendidikan Kota Tangerang menjadikan Inggrit sebagai Guru perbantuan mata pelajaran Seni & Budaya di tingkat SMP, SMA/SMK Sederajat. Dengan bekal Pendidikan Musik, mengikuti berbagai pelatihan kesenian, bergabung dalam sanggar, serta aktif dalam kegiatan Duta Daerah yang pastinya sudah dibekali ilmu dari pemerintah daerah sesuai dengan bidangnya. Inggrit dengan rendah hati dan penuh rasa syukur siap menjadi guru perbantuan mata pelajaran Seni Budaya, namun Inggrit selalu meminta arahan kepada Senior, Tokoh dan Guru dalam proses belajar mengajar kedepannya. Lulus kuliah dari S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Inggrit tetap mengasah bakatnya dalam berkesenian, berkarya serta kreativitas sebagai Guru Perbantuan Dinas Pendidikan Kota Tangerang. Ia mulai berkelana sebagai seorang pengajar musik atau seni pertunjukan diberbagai tempat mulai dari personal, instansi, pemerintahan serta berbagai Lembaga Pendidikan yang ada di Kota Tangerang. Inggrit banyak diminta sebagai pengisi acara atau membuat ide konsep penampilan kesenian diberbagai kegiatan seperti Festival, Consert, Gathering, Exhibition, Launching Product dan Social Event. Inggrit juga mampu menciptakan beberapa karya dalam pembuatan suatu konsep acara.

Seiring pengalamannya mengikuti dan berpartisipasi dalam kegiatan seni pertunjukan, dengan pribadi berjiwa sosial, peduli akan pendidikan dan profesionalisme, Inggrit juga kadang di undang untuk mengisi materi atau lebih trend disebut sharing atau berbagi ilmu kepada organisasi sosial, komunitas, serta rekan aktivis muda lainnya yang tidak kalah hebatnya. Meski sudah menjadi guru, atau produser seni pertunjukan ia tetap menjadi seorang yang tidak pernah berhenti belajar dan berinovasi.

Melalui dunia Pendidikan, Kesenian, Kebudayaan dan Sosial, Inggrit mengeluarkan single berjudul “Kekuatan Jiwa” dengan lirik yang memotivasi setiap pendengarnya untuk percaya diri menggapai mimpi dan berani menghadapi kehidupan. Single yang dibuatnya ini merupakan arransemen berbagai instrumen etnik khas Banten bergenre Kontemporer ( Opera, Pop Jazz )

Karier dan Pengalaman

– Front Office Departemen as Guest Relation Officer Grand Hyatt Hotel Jakarta 2012 – 2014
– Perwakilan Putri Daerah Seni Budaya di berbagai ajang Tingkat Kota, Provinsi, Nasional & Internasional.
– Peserta Pelatihan Kesenian & Budaya Lokal Banten dinas pendidikan provinsi Banten ( Silat Banten & Rampak Bedug ) 2014
– Producer Pertunjukan Seni Kreatif ( Drama – Tari – Musik ) 2016 s/d sekarang
– Persembahan Musikalisasi Puisi Peduli Sampah bersama Menteri Kesehatan di Tugu Adipura Kota Tangerang 2015
– Performing Arts Fashion Carnaval Festival Cisadane 2015 ( Sutradara / Perform Drama Kolosal Sampek – Engtai Chinese Culture )
– Sound Engineer / Direct Recording Artist Lokal Indonesia 2017 s/d sekarang
– Guru Perbantuan ( Honorer ) Seni Budaya di Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Tangerang 2015 s/d sekarang
– Sutradara & Musik produksi Drama Kolosal Etnik Budaya Tangerang di Festival Al – Azhom 2019
– Duta P4GN BNN Kota Tangerang 2019
– Pencipta Arransemen Jingle Pekan Olahraga Kota Tangerang ” Salam Beraksi ”
Produksi 2019

Pendidikan

– SMKN 3 Kota Tangerang Akomodasi Perhotelan 2012.
– Lembaga Pendidikan Musik Farabi Program Piano Kontemporer 2016.
– Universitas Muhammadiyah Tangerang S1 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 2017.
– LBI Bussines English, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia 2018 s/d sekarang.
– Art Sonica
School Of Sound Engineer
Program Studi Studio Recording 2019
– Daya Indonesia Performing Arts Academy
Program S2 Performing Arts Bussines & Management 2019 s/d sekarang.

Organisasi / Management / Instansi

– Founder / Producer PT. Kiprah Simfoni Semesta ( Arts Edukasi & Recording ) In Great Production
– Duta BNN Kota Tangerang 2019 s/d sekarang.
– Aktivis Seni, Budaya & Sosial Pemerintah Daerah Kota Tangerang, Prov. Banten 2014 s/d sekarang.
– Guru Honorer Dinas Pendidikan Prov. Banten, 2015 s/d sekarang.
– Sekretaris Jendral Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Kota Tangerang, Periode 2015 / 2020.
– Brand Ambassador Komunitas PEMBEDA ( Pemuda/i berjiwa Muda ), Cipondoh – Tangerang 2018 s/d Sekarang.
– Anggota Nasional Selebriti Anti Narkoba Indonesia periode, 2017 / 2022.
– Bendahara Komunitas HOMPIMPAH ( Peduli Sampah ) Kota Tangerang 2015 s/d sekarang.
– MC formal / non formal
– Konduktor Musik Arransemen / Music Performance ( Solo / Ensemble / Big Band ).