Elnusa Petrofin Kembangkan Ekonomi VCO UMKM Desa Antiga Bali

Elnusa Petrofin Kembangkan Ekonomi VCO UMKM Desa Antiga Bali
Workshop penyampaian materi pembuatan VCO, Pelitabanten.com (dok/Ist)

ANTIGA BALI, Pelitabanten.com – Menutup tahun 2019, kembali menggelar serangkaian kegiatan Corporate Social Responsbility (CSR) yang bertempat di Balai Desa Antiga, Manggis, Karangasem, Bali.

Kegiatan ini berlangsung pada minggu terakhir Desember dan diikuti oleh di sekitar wilayah operasional Elnusa
Petrofin unit Integrated Fuel Terminal (sebelumnya Terminal BBM) Manggis.

Anak Perusahaan Pertamina (persero) ini, melihat potensi wilayah sekitar operasional yang notabene dari perkebunan kelapa, mengusung kegiatan workshop Pemberdayaan dengan Produk Kelapa, hingga pelatihan kepada produksi Virgin Coconut Oil (VCO) yang memiliki harga yang cukup tinggi.

Swafoto bersama Desa Antiga-Bali dengan Integrated Fuel Terminal Manggis dan Tim Elnusa Petrofin, Pelitabanten.com (dok/Ist)

Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 60 masyarakat Antiga yang sebagian besar merupakan ibu-ibu rumah tangga ini
mendapat sambutan baik dari Perbekel atau Kepala Desa I Wayan Madra.

I Wayan Madra selaku Perbekel mewakili menyampaikan bahwa “Kegiatan yang diadakan oleh merupakan kegiatan yang sangat bernilai positif bagi warga Desa Antiga.

Baca Juga:  Lebak Provinsi Banten Tahun Ini Mulai Memanen Pepaya California

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas pelatihan yang telah dilaksanakan. Hal ini tentunya menambah wawasan bagi -warga dan semoga kedepannya warga bisa turut
memproduksi VCO. Sehingga hasil bumi seperti kelapa yang banyak dijadikan minyak dan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat sekitar Integrated Fuel Terminal Manggis, khususnya di desa Antiga,” ujarnya.

Selain Pemerintah Desa Antiga, kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari Manager Integrated Fuel Terminal Manggis Bambang Suprijono dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Wilayah Antiga, Manggis, pelaku UKM Nyoman Sudiambun dan I Gede Sumadi yang didapuk sebagai pemateri pun menyampaikan bahwa kegiatan workshop pembuatan VCO menjadi salah satu alternatif pengelolaan kelapa menjadi produk bernilai ekonomi.

“Kepedulian dalam menginisiasi kegiatan ini patut disyukuri. Serangkaian acara ini di isi dengan penjelasan VCO, bagaimana pembuatannya, pemasaran produk dan pembentukan kelompok rumah saat penutupan acara,” pungkas I Wayan Madra.

Baca Juga:  Air Tidak Sekedar Bisnis, Tapi Juga Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Dari tempat terpisah, Haris Syahrudin selaku Direktur Utama menyampaikan bahwa pihaknya sangat karena kegiatan CSR Petrofin Peduli ini mendapat respon positif dari
masyarakat sekitar baik dari maupun dari pemerintah dan dinas terkait.

“Setiap kegiatan CSR kami disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di lokasi tersebut dan hal ini memang menjadi fokus kami, agar dapat memberikan manfaat yang seluas-seluasnya,” ungkap Haris.

“Sebagai penutup tahun, semoga apa yang telah kita mulai bersama dapat terus berjalan dan kedepannya kelompok yang telah terbentuk tetap dibina bersama dan tentunya kerjasama dengan pihak
terkait. Sehingga menjadi peluang usaha baru bagi sekitar Antiga, Manggis,” Pungkasnya