700 Ton Sampah Menumpuk Disungai, DLHK Kabupaten Tangerang Kerahkan 30 Truk

700 Ton Sampah Menumpuk Disungai, DLHK Kabupaten Tangerang Kerahkan 30 Truk
Ratusan Ton Sampah Dikeruk Dari Muara Sungai Cisadane Kabupaten Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com — Angkut tumpukan sampah 700 ton, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Kerahkan sebanyak 30 unit truk, Rabu (18/12/2019).

Tumpukan sampah tersebut berada di muara Sungai Cisadane Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Ahmad Taufik menyebut timbunan sampah berbagai jenis itu menyumbat aliran air disungai tersebut.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan upaya pengerukan timbunan sampah yang ada. Diperkirakan timbunan sampah ini mencapai 700 ton.

“Untuk mengangkut sampah hasil pengerukan ini, kami mengerahkan 30 unit truk sampah karena volume sampah sangat banyak. Truk yang dikerahkan ini untuk mengangkut sampah ke TPA Jatiwaringin Mauk,” ujar Taufik.

Mantan Camat Mauk ini mengatakan, selain truk sampah, DLHK juga mengerakan sejumlah alat berat guna mempermudah proses pengerukan sampah-sampah itu.

“Pengerukan sampah ini untuk antisipasi musim hujan, khawatir banjir menerjang permukiman sekitar, maka segera di dibuang sampah nya,” jelas Dia.

Lebih jauh Dirinya, mengungkapkan bahwa tumpukan sampah tersebut berasal dari aliran sungai Cisadane, daerah-daerah bantaran sungai.

“Upaya pembersihan ini melibatkan warga setempat anggota TNI, BPBD Kabupaten Tangerang, organisasi kepemudaan, pihak kecamatan dan desa,”terangnya

“Proses pengerukan sampah, diperkirakan akan memakan waktu lebih dari satu pekan,”Imbuhnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, melalui Bupati Ahmed Zaki Iskandar telah berkoordinasi dengan perintah pusat dan Pemprov Banten dalam menangani tumpukan sampah dan nantinya akan berimbas kepada masyarakat sendiri.

Bupati juga mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan ini. karena dibutuhkan penanganan yang serius dan peran serta masyarakat sangat penting.

Zaki menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat agar jangan membuang sampah ke sungai.