Disbudparman Kota Tangerang Beri Ruang Bagi Seniman Jalanan

Disbudparman Kota Tangerang Beri Ruang Bagi Seniman Jalanan
Semangku Getar, Kepala Bidang Kebudayaan pada Disbudpar Kota Tangerang Saat Tampil di Festival Budaya Nusantara III Lalu. Foto Palitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan (Disbudparman) kota Tangerang berencana akan membuka ruang disetiap taman yang ada di pusat kota.

Rencana ini bakal diberikan disetiap hari sabtu dan minggu untuk dijadikan para seniman jalanan berekspresi dan berkratifitas.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan pada Disbudpar Kota Tangerang, Semangku Getar, Dengan memfasilitasi para seniman jalanan tersebut diharapkan angka anak anak jalanan yang biasa mengamen disekitaran lampu merah dapat lebih diminimalisir dengan baik.

Selain itu, dengan dibukanya ruang bagi para seniman jalanan tersebut dapat berekspresi dan diharapkan stigma negatif yang selama ini melekat pada anak-anak jalanan dapat lebih dikurangi secara optimal.

“Kami memberikan ruang bagi para seniman jalanan ini untuk dapat lebih berekspresi, namun bukan hanya seniman musik, para budayawan juga saat ini kurang mendapatkan panggung, dengan memanfaatkan taman sebagai panggung untuk menunjukan eksistensi mereka dikota Tangerang,”Jelas Sumangku.

Mantan Lurah sumur pacing ini menilai, dengan dibukanya ruang bagi para seniman lokal berekspresi dan menunjukan eksistensinya disetiap taman yang ada di kota Tangerang juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman.

“Konsep yang coba kami rancang adalah para pengunjung dapat menikmati keindahan taman sekaligus menikmati alunan musik yang dimainkan oleh para seniman jalanan tersebut, lebih mirip mirip seperti yang di Jogja sana,”tuturnya.

Ia menilai dengan konsep tersebut diharapkan para seniman yang ada dikota Tangerang dapat lebih menunjukan eksistensinya kepada masyarakat sehingga kecintaan masyarakat terhadap seni budaya lokal dapat dikembalikan ke masa kejayaannya.

Kota Tangerang memiliki banyak seniman yang bisa diandalkan, selain itu kami juga berencana memanfaatkan kanal teknologi media sosial untuk mempromosikan pertunjukan – pertunjukan yang akan dan telah disajikan oleh para seniman jalanan tersebut,”tutupnya.