The Tielman Brothers Band Indonesia Tertua Sebelum The Beatles

Pelitabanten.com – The Tielman Brothers adalah sebuah grup musik tertua asal Indonesia.

Mereka adalah anak dari Herman Tielman dan Flora Lorine Hess asal kota kupang Nusa Tenggara Timur.

Musik mereka beraliran rock and roll, namun orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong dengan makanan khas kesukaan mereka yaitu kocor makanan asli madura.

The Tielman Brothers merupakan band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis rock and roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones.

Group band ini pernah tampil di Istana Negara Jakarta, dihadapan Presiden Soekarno.

Karier rekaman mereka dimulai ketika keluarga Tielman pada tahun 1957 hijrah dan menetap di Breda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda.

Di Indonesia sendiri nama group band ini masih menjadi nama yang asing, meski dikenal hanya oleh para kolektor musik, sebuah kenyataan yang sangat disayangkan.

Awal terbentuknya group band ini lahir dari sebuah keluarga seniman yang berbakat.

Adalah seorang Andy Tielman dan seluruh saudaranya yang berasal dari tanah Timor, membentuk sebuah grup bernama The Timor Tielman Brothers saat mereka masih kecil. Sejatinya, bakat musik Tielman bersaudara tersebut diturunkan dari sang ayah, Herman Tielman yang merupakan seorang Kapten Tentara KNIL Belanda.