Yang Harus Diketahui Tentang Asuransi Kendaraan

Yang Harus Diketahui Tentang Asuransi Kendaraan

Pelitabanten.com – Siapa sih yang ingin mengalami kecelakaan? Musibah ini merupakan suatu hal yang tidak bisa diduga-duga kedatangannya. Lalu apa yang kamu khawatirkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan?

Banyak sekali orang yang khawatir tentang bagaimana nasib mereka jika terjadi kecelakaan, mulai dari biaya pengobatan yang mahal, perbaikan kendaraan, hingga perizinan kerja.

Nah, agar semua kekhawatiran itu bisa lenyap, sudah saatnya nih kamu memiliki asuransi. Bagi kamu yang sudah memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, maka pilihan asuransi kendaraan merupakan rekomendasi yang harus dimiliki dalam waktu dekat.

Eitss.. tapi jangan asal pilih ya. Sebelum memutuskan untuk mengambil asuransi, ada beberapa hal penting yang harus kamu catat baik-baik. Ini sangat penting agar keputusan yang kamu ambil nanti tidak sia-sia. Lalu apa aja sih hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika akan mengambil jaminan kendaraan ini? Berikut ulasannya.

Pilih Perusahaan dengan Reputasi Oke

Seperti kata pepatah” jangan membeli kucing di dalam karung”. Hehe.. udah tau kan maksudnya. Maksudnya ya kamu harus benar-benar memilih perusahaan yang sesuai dengan reputasinya.

Saking tingginya animo masyarakat dengan jaminan ini, maka tak sedikit loo perusahaan abal-abal yang mengiming-imingi para calon membernya dengan berbagai keuntungan yang sebenarnya menipu.

Agar kamu tidak ikut-ikutan seperti mereka, maka pastikan dulu bahwa calon perusahaan jaminan kendaraan yang dipilih memiliki reputasi yang oke. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Gampang banget. Umumnya perusahaan yang sudah terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan perusahaan yang memiliki reputasi yang oke.

Selain itu kamu juga bisa melihat kualitasnya dari banyaknya cabang yang dimiliki serta review nasabah yang memilih perusahaan tersebut.

Adanya Kerjasama dengan Bengkel

Masalah kerusakan yang terjadi pada mobil tidak jauh-jauh dari bengkel. Oleh karena itu, pintar-pintarlah untuk memilih jaminan kendaraan yang menawarkan kerjasama dengan bengkel. Terutama bengkel yang memiliki track record yang baik.

Kamu tidak mau kan kebingungan mencari bengkel jika suatu saat mobil kesayanganmu mengalami masalah? Jika kamu memilih perusahaan asuransi yang telah melakukan kerjasama dengan bengkel, maka dijamin tenang karena kamu tinggal memasukkan mobil ke bengkel yang telah melakukan kerjasama dengan perusahaan jaminan kendaraan yang kamu ikuti.

Ketahui Usia Kendaraanmu

Nah ini nih salah satu informasi jaminan yang jarang diketahui. Untuk mengikuti program jaminan kendaraan terutama mobil, kamu harus tahu dulu berapa usia pasti kendaraanmu ya.

Mengapa demikian? Hal ini harus diketahui karena akan mempengaruhi premi yang harus dibayar. Untuk mobil yang berusia diatas 5 tahun, biasanya akan mendapatkan tambahan premi yang juga dikenal dengan sebutan loading fee.

Biasanya perusahaan memberikan batas maksimal usia kendaraan yang bisa diasuransikan. Untuk jenis comprehensive batas maksimalnya adalah 10 tahun, sedangkan untuk asuransi TLO batas maksimalnya adalah 15 tahun.

Kenali Jenis Perlindungan yang Diinginkan

Nah sebelum memutuskan untuk melakukan jaminan kendaraan, kamu harus kenal dulu nih apa saja jenis perlindungan yang diberikan oleh perusahaan jaminan jika suatu saat kendaraanmu mengalami masalah.

Umumnya, jaminan kendaraan dibagi menjadi dua macam, yaitu comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Comprehensive biasanya akan memberikan jaminan terhadap segala jenis kerusakan yang dialami oleh kendaraan. Namun hal ini berbeda dengan asuransi TLO, jaminan hanya diberikan maksimal 75% pada kerusakan mobil.

Dari sini, kamu juga bisa mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Karena memberikan jaminan atas segala jenis kerusakan, maka jaminan comprehensive akan lebih mahal dibandingkan dengan TLO. Kamu tinggal pilih yang mana nih?

Ketahui Jenis-jenis Risiko yang Ditanggung

Walaupun telah mengikuti program jaminan kendaraan, kamu tidak bisa begitu saja lepas tangan terhadap berbagai risiko yang terjadi pada kendaraan. Baik comprehensive maupun TLO, jaminan tersebut memiliki syarat dan ketentuan berlaku yang mengatur risiko apa saja yang bisa ditanggung maupun tidak bisa ditanggung oleh pihak asuransi.

So, jangan sampai mengabaikannya ya!

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja yang harus kamu pahami sebelum memutuskan untuk mengikuti perusahaan jaminan kendaraan. Oleh karena itu kamu bisa berfikir matang-matang dan jangan terlalu terburu-buru dalam memilih jenis perusahaan jaminan kerusakan kendaraan.

Loading...