Beranda Peristiwa Kota Tangerang Dispora Kota Tangerang Sebut Pemanfaatan Air Tanah GOR Dimyati Tidak Perlu Izin

Dispora Kota Tangerang Sebut Pemanfaatan Air Tanah GOR Dimyati Tidak Perlu Izin

Dispora Kota Tangerang Sebut Pemanfaatan Air Tanah GOR Dimyati Tidak Perlu Izin

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Tidak perlu izin. Terkait riuhnya obrolan , tentang adanya pengeboran air di dua titik Gedung Olahraga (GOR) Dimyati.

Hal tersebut dikatakan oleh selaku Kepala bidang (Kabid) Olahraga yang membenarkan bahwa tersebut adalah pengerjaan Dispora Kota Tangerang, saat ditemui Pelitabanten.com, pada Senin (09/09/19), 14.30 WIB siang tadi.

Agus Prasetyo Kepala Bidang Olahraga DISPORA foto Supriyadi Pelitabanten.com

Baginya, izin pemanfaatan Air Tanah yang mengacu pada Peraturan Daerah (PERDA) Provinsi Banten Nomor 7 Tahun 2004 Tentang Pengelolaan Air Tanah. Itu diperuntukan untuk pemanfaatan air tanah yang bersifat komersial.

“Pengeboran yang dilakukan berbeda dengan perusahaan yang mengambil air bawah tanah akuifer dengan kedalaman sampai 150m dengan tujuan komersial,” ucapnya.

Masih kata Agus, bahwa pengeboran yang dilakukan di ialah salahsatu item yang termasuk pengeboran sumur biasa, dan bukan sumur artesis yang mengambil air bawah tanah Aquifer.

Baca Juga:  Tolak Revisi RUU Pemberantasan Korupsi, Dewan PDIP Kota Tangerang Duduk Bareng Aktivis

“Mengingat kebutuhan air GOR untuk pelayanan pengguna sangat dibutuhkan. Coba kita pelajari dulu Perdanya Pasal 10 ayat 5, Jadi masih menggunakan air permukaan bukan sumur artesis,” imbuhnya.

Ia pun mengatakan, bahwa pengambilan air dangkal sumur pantek dengan kedalaman sekitar 30 meter dengan debit yang tidak besar, dan hanya untuk bukan untuk komersial seperti perusahaan. Namun pemanfaatan air tanah tersebut guna memenuhi pelayanan publik dan bukan sumur artesis yg menggunakan air bawah tanah jadi berbeda apalagi untuk komersial atau usaha.

“Juga debitnya gak sampai 50m3/detik, jadi tidak perlu izin. Kalau aktivitas tinggi itu kita akan dikomplain. Yang dipakai untuk masyarakat itu (fasilitas GOR -red) hanyalah sumur dangkal,” tandasnya.