Beranda Budaya Bidang Budaya Disbudpar Dialog Lestarikan Cagar Budaya Kota Tangerang

Bidang Budaya Disbudpar Dialog Lestarikan Cagar Budaya Kota Tangerang

Bidang Budaya Disbudpar Dialog Lestarikan Cagar Budaya Kota Tangerang
Bidang Budaya Disbudpar Dialog Lestarikan Cagar Budaya Kota Tangerang. Foto Supriyadi Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Bidang Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) menggelar Dialog dan Jelajah Budaya bersama para Komunitas di Aula Pendopo Dinas Budpar, Jalan Iskandar Muda, Neglasari, Kota Tangerang. Rabu, (21/8/2019).

Kegiatan yang mengusung tema “Bersama Komunitas Melestarikan Cagar Budaya Kota Tangerang” turut mengundang moderator serta narasumber tim ahli kebudayaan dari Profesor Tubagus Najib Al-Bantani Puslitarkenas, Ary Sulistyo Komunitas Jelajah Budaya, Juliadi BPCB Banten, yang menerangkan tentang sejarah, serta kegiatan komunitas budaya yang ada di Kota Tangerang.

Bidang Budaya Disbudpar Dialog Lestarikan Cagar Budaya Kota Tangerang
‘Bersama Komunitas Melestarikan Cagar Budaya Kota Tangerang’. Foto Supriyadi Pelitabanten.com

Kepala Bidang (Kabid) Budaya Sumangku Getar menyampaikan bahwa beberapa fungsi cagar budaya serta komunitas menjadi satu fondasi perjalanan deklarasi kedepan.

“Kegiatan seperti ini bisa menggali, bisa membentuk suatu karakter masyarakat karena kebudayaan,” ucap Sumangku kepada Pelitabanten.com dilokasi.

Disisi lain, perwakilan dari Lapas Anak Wanita menyampaikan bahwa “Tangerang itu bukan Kota Kusta bukan Kota Penjara seperti yang dikatakan banyak orang, tapi kami (Lapas Anak Wanita -red) adalah salah satu cagar budaya yang mempunyai situs sejarah yang ada sejak era kolonial.” terang Rossemeri Silalahi selaku Kasimintrantib LPAW Kota Tangerang.

Bidang Budaya Disbudpar Dialog Lestarikan Cagar Budaya Kota Tangerang
Rossemeri Silalahi, Kasimintrantib LPAW Kota Tangerang. Foto Supriyadi Pelitabanten.com

“Mungkin, dari Dinas bisa mengajak peran serta pelajar untuk mengajak mempelajari situs budaya yang ada di daerah Kota Tangerang, yang salahsatunya ada di LPAW (Lapas Anak Wanita -red),” tambahnya.

Loading...