Beranda Peristiwa Kabupaten Tangerang Tasyakuran dan Potong Tumpeng Tradisi Kental Kecamatan Pakuhaji Rayakan HUT RI

Tasyakuran dan Potong Tumpeng Tradisi Kental Kecamatan Pakuhaji Rayakan HUT RI

Tasyakuran dan Potong Tumpeng Tradisi Kental Kecamatan Pakuhaji
Tasyakuran Malam Menjelang HUT RI ke 74 di Gelara di Halaman Kecamatan Pakuhaji. Foto Pelitabanten.com

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com — Sebagai wujud dari rasa syukur kepada Tuhan YME atas semua kebahagian alam kemerdekaan, Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang mengelar acara Tasyakuran bersama seluruh stakeholder di halaman kantor kecamatan Jalan Raya Pakuhaji, Pakuhaji, Kabupaten Tangerang. Jum’at (16/8/2019) Malam.

Unsur Muspika, Jajaran Polsek Pakuhaji dan Koramil Sepatan, para alim ulama, tokoh agama, sesepuh, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, OKP, Ormas dan jajaran staf Kecamatan Pakuhaji nampak hadir mengisi kegiatan tersebut.

Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Pakuhaji, Yandri Permana mengatakan bahwa tasyakuran ini adalah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 74, dan acara ini merupakan sudah yang ketiga kali dilaksanakan oleh Kecamatan Pakuhaji Kabupaten Tangerang sebagai sebuah tradisi.

Tasyakuran dan Potong Tumpeng Tradisi Kental Kecamatan Pakuhaji
Tahlil dan Tahmid Tradisi Kental Kecamatan Pakuhaji Wujudkan Rasa Syukur. Foto Pelitabanten.com

“Sebuah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, kita duduk bersama memanjatkan doa buat para pejuang-pejuang kita yang telah gugur dalam membela tanah air Indonesia. Sekaligus pengajian rutin bulanan Kecamatan Pakuhaji,” kata Yandri di sela kegiatan.

Pantauan awak media dilokasi kegiatan, nampak dilakukana juga pemotongan nasi tumpeng sebagai bentuk momentum dari rasa syukur.

Dijelaskan Yandri, nasi tumpeng adalah suatu simbol atau tradisi yang biasa dilakukan dalam merayakan HUT RI. Dan tumpeng tersebut, termasuk kegiatan yang diperlombakan oleh Kecamatan Pakuhaji.

“Mungkin bukan hanya Kecamatan Pakuhaji saja, tapi Kecamatan lainnya juga melakukan tradisi yang sama, membuat nasi tumpeng hasil kreatifitas dari warga masyarakat dalam merayakan HUT RI. Potongan pertama, tadi saya berikan kepada Kyai Hotib, salah satu sesepuh yang ada di Kecamatan Pakuhaji,” terangnya.

Nasi tumpeng itu juga kita lombakan, lanjut Yandri. Ada tim penilai dari Kecamatan Pakuhaji.

“Nasi tumpeng hasil kreatifitas dan kontribusi dari para Kades dan Pj kita lombakan juga, yang dinilai oleh tim penilai dari Ibu-ibu PKK Kecamatan Pakuhaji,” imbuhnya.

Lebih lanjut Yandri menyampaikan harapannya. Di HUT RI yang ke-74 ini, semoga Indonesia menjadi lebih baik ke depannya sesuai dengan tagline tahun ini, terkhusus untuk Kecamatan Pakuhaji.

SDM UNGGUL INDONESIA MAJU, tentunya saya berharap SDM Pakuhaji bisa lebih unggul menuju Indonesia yang lebih maju,” pungkasnya.

Loading...