Beranda Budaya Adat Rumah Budaya di Karang Tengah Diresmikan Kadisbudpar Kota Tangerang

Rumah Budaya di Karang Tengah Diresmikan Kadisbudpar Kota Tangerang

Rumah Budaya Diresmikan Kadisbudpar Kota Tangerang
Kadisbudpar Kota Tangerang Secara Langsung Resmikan Rumah Budaya KSBB Karang Tengah. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — R. Rina Hernaningsih, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Tangerang, meresmikan Rumah Budaya KSBB di Jalan Raden Saleh, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, Rabu (07/8/2019) siang.

Sebelumnya pada pagi hari, Camat Karang Tengah, Matrobin terlebih dulu meresmikan Kedai Kopi Harum Manis di Karang Mulya, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Rina mengatakan, bahwa pihaknya menyambut baik dengan adanya Rumah Budaya yang dibangun oleh warga Kota Tangerang di wilayah Karang Tengah.

Rumah Budaya Diresmikan Kadisbudpar Kota Tangerang
Rumah Budaya Diresmikan Kadisbudpar Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

“Tentunya saya sangat senang, ada masyarakat Kota Tangerang yang membangun kebudayaannya sediri, yaitu Budaya Betawi dan ada pabrik pengolahan kopinya, juga kedai-kedainya, seperti warung udik yang tadi diresmikan,” kata Rina yang dijumpai usai peresmian.

Lebih jauh, Rina menuturkan, bahwa di Kota Tangerang ada beberapa Rumah Budaya, salah satunya di Kecamatan Karang Tengah dan baru dibangun dengan dasar kepedulian masyarakatnya pada kebudayaan.

“Ada di Belendung dan Cimone. Saya melihat disini ada kepedulian masyarakatnya, disini juga nantinya ada pelatihan Beksi dan sebagainya. Jika nanti ada festival Budaya kami akan melibatkan mereka,” ujarnya.

Sementara Dewan Pembina KSBB dan Kedai Kopi Harum Manis, Hartoto mengatakan, bahwa kebudayaan tidak terlepas dari agama, tata krama dan sopan santun.

“Agar kebudayaan lokal tidak hilang tergerus oleh budaya-budaya dari luar. Dengan adanya Rumah Budaya ini nantinya kita akan melakukan pelatihan, mulai dari menari, silat, mengaji dan lain-lain,” terang Hartoto.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Tangerang itu meminta Pemerintah Kota Tangerang memberi perhatian khusus para pelaku seni dalam mengembangkan budaya.

“Sampai saat ini belum ada campur tangan pemerintah. Untuk mengembangkan ini kita hasil dari Kedai Kopi Harum Manis, maka kedepan saya berharap pemerintah dapat menegok kesini dan dapat memberikan perhatiannya kepada pelaku seni, agar budaya tetap ada,” papar pria yang akrab disapa Bang Toing.

Dia Mengatakan, dalam Rumah Budaya tersebut nantinya akan memproduksi makanan-makanan khas Betawi oleh UKM.

“Seperti roti gambang dan makanan khas Betawi lainya. Disini juga nantinya akan kita bangun Kampung Budaya Betawi,” kata Bang Toing.

Loading...