Beranda Peristiwa Kota Tangerang Idul Adha 1440 Hijriah, Jokowi Beli Sapi 1,2 Ton di Tangerang

Idul Adha 1440 Hijriah, Jokowi Beli Sapi 1,2 Ton di Tangerang

Jokowi Beli Sapi 1,2 Ton di Tangerang
Sapi 1,2 Yang Dibeli Jokowi Saat Diperiksa Kesehatannya. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Jelang Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1440 Hijriah, Hari raya Idul Qurban lebih di kenal menjadi ajang pejabat pusat atau daerah untuk membeli hewan kurban baik berupa sapi atau domba untuk membantu warga masyarakat yang kurang mampu.

Tak terkecuali yang dilakukan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) yang turut membeli sapi berukuran raksasa yang rencananya akan dikurbankan di Provinsi Banten pada 11 Agustus 2019 mendatang.

Sapi milik Jokowi tersebut hingga hari ini masih ditempat peternakannya di Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang. sapi milik Jokowi berwarna cokelat tersebut memiliki bobot hingga 1,2 ton.

Jokowi Beli Sapi 1,2 Ton di Tangerang
Sapi Seberat 1,2 Ton Milik Jokowi di Karang Tengah Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

Diketahui, Jokowi membeli sapi tipe Simmental atau Swiss Fleckvieh itu seharga Rp 90 juta dari seorang peternak asli Tangerang, Matroji.

“Sapi ini punya saya dibeli sama Presiden Jokowi sekitar tanggal 17 Juli kemarin. Beliau sudah tiga kali beli di tempat saya,” ujar Matroji saat dijumpai wartawan di peternakannya, Senin (22/7/2019).

Menurutnya, sapi yang sudah dipesan Jokowi tersebut berjenis kelamin laki-laki berumur sekira 4 (Empat) tahun.

Namun, kata Matroji, dirinya membeli sapi tersebut saat masih berumur satu tahun dan masih seharga Rp37 juta di temannya sendiri yang juga pedagang sapi.

“Saya dulu beli sudah setahun dari temen karena dia enggak punya tempat untuk sapi besar. Saya pasti ada tiap tahun sapi yang berukuran besar kayak gini,” tuturnya.

Nantinya, sapi berukuran jumbo tersebut rencananya akan dibawa dan dipotong di Provinsi Banten pada Hari Raya Idul Adha 2019 Agustus Mendatang.

Sementara Kepala Bidang Pertanian Kota Tangerang, Ibnu Ariefyanto mengatakan, sapi milik orang nomor satu di Indonesia tersebut sudah dinyatakan sehat dan layak untuk dipotong pada hari sakral umat muslim nanti.

“Sudah kita lihat bersama untuk sapi yang kebetulan dipilih pak Presiden cukup sehat, cukup besar, ukuran hampir satu ton lebih dan insha Allah dengan kita periksa sampai hari H kita pastikan sapi beliau aman sehat,” kata Ibnu.

Loading...