Beranda Budaya Mantap! Bakal Ada Kejuaraan Tinju Amatir di Festival Cisadane 2019

Mantap! Bakal Ada Kejuaraan Tinju Amatir di Festival Cisadane 2019

Mantap ! Bakal Ada Kejuaraan Tinju Amatir di Festival Cisadane 2019
Tinju Amatir di Festival Cisadane 2019 Kolaborasi Pertina, Disbudpar dan Dispora Kota Tangerang. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Sejumlah persiapan sudah dilakukan Pemerintah Kota Tangerang jelang berlangsungnya event tahunan Festival yang rencananya akan akan dimajukan pada tanggal 26 Juli hingga 3 Agustus nanti. Berbeda dari Tahun Tahun sebelumnya di Festival Cisadane 2019 ini bakal mempersembahkan pertandingan kejuaraan Tinju Amatir diatas Ring dengan View sungai Cisadane.

Beberapa infrastruktur pendukung perhelatan itu kini tengah disiapkan Pemkot Tangerang, seperti dermaga baru untuk akses naik turunnya peserta lomba dayung perahu naga yang menjadi salah satu ikon dalam perhelatan Festival. Termasuk salah satu yang menarik dan berbeda disiapkannya ring tinju dan panggung pagelaran seni asal Kota Tangerang. Ring tinju bakal didirikan di samping sungai cisadane dekat miniatur bom meriam.

Kaonang, S. Sos.MM Ketua Pengurus Cabang Tinju Amatir Indonesia (Pengcab Pertina) tahun periode 2019- 2023 mengatakan jadwal, pembukaan Kejurda ini dilakukan pada hari yang sama dengan open ceremony Festival Cisadane.

Mantap ! Bakal Ada Kejuaraan Tinju Amatir di Festival Cisadane 2019
Kaonang, Ketua Pengurus Cabang Kota Tangerang Tinju Amatir Indonesia (Pengcab Pertina) Tahun periode 2019 –  2023. Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

“Bangkitnya olah raga tinju amatir yang sempat mati suri selama 20 tahun, mendapatkan dukungan penuh Walikota Tangerang Arief R Wismansyah,”kata Kaonang.

Dalam pelaksanaannya, Pertina akan berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata beserta Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Tangerang. “ Petinju Amatir Kota Tangerang Bangkit ”.  Soal Target Pertina Kota Tangerang dalam Kejurda ini adalah juara umum, ada tiga kejuaraan yang akan diperebutkan yaitu juara umum Senior, Yunior dan Young.

“Dalam pembukaan Kejurda nanti, penonton akan disuguhkan tarian khas Kota Tangerang dan penampilan para Nong. Ini suatu sinergitas yang menarik antara Disbudpar, Dispora dan Pertina, Target Pertina Juara Umum, Saya ingin salah satu dan jika perlu tiga cabang yang dipertandingkan bisa kita direbut juara,” kata Kaonang.

Untuk diketahui sedikitnya ada 80 orang Petinju se Provinsi Banten bakal adu kehebatan dan kemampuan mereka di atas ring. Sebagai tuan rumah, Kota Tangerang, akan menurunkan petinju andalan sebanyak 20 atlet senior , junior dan young.

“Banyak petinju-petinju kita sukses salah satunya Otong Kosasih, dulu beliau petinju amatir juga, ada yang masuk Akpol, karir yang bagus bisa berawal dari atlet salah satunya Tinju Amatir ini. Bagi adik-adik yang hoby tawuran dijalan kita salurkan agar tidak dijalan lagi tapi di atas ring, Ksatria dan kehebatanya kita alihkan diatas ring,” ujar Kaonang.

Hal yang sama di ungkapkan mantan petinju Nasional asal Kota Tangerang, Otong Kosasih, melalui perhelatan Kejurda yang akan digelar di arena Festival Cisadane 2019 nanti. Dirinya Berharap event ini dapat menumbuhkan minat dan bakat para remaja usia sekolah untuk menjadi atlet tinju, Bagi anak usia SMP dan SMA.

Sementara itu Kepala Seksi Promosi Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pertamanan Kota Tangerang, Usup Supriadi menerangkan, Pertina Kota Tangerang pada tahun ini bakal menjadi magnet menarik masyarakat untuk datang ke Festival Cisadane.

“Dalam pertandingan nanti akan kami suguhkan tarian khas Kota Tangerang dan penampilan 6 orang Nong Kota Tangerang,”Pungkas Usup.

Loading...