Beranda Komunitas Bang Ben: Tegur Masyarakat Yang Buang Sampah Sembarangan

Bang Ben: Tegur Masyarakat Yang Buang Sampah Sembarangan

Bang Ben: Tegur Masyarakat Yang Buang Sampah Sembarangan
Bang Ben Bersama Laskar Lingkungan. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

TANGERANG SELATAN, Pelitabanten.com — Gerakan disiplin masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan terus disosialisasikan Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie yang akrab disapa Bang Ben.

Bahkan dalam setiap kesempatan aksi kebersihan lingkungan terus mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. seperti yang dilakukan Benyamin saat menutup kegiatan kemah laskar lingkungan di Pulau Situ Gintung.

Bang Ben: Tegur Masyarakat Yang Buang Sampah Sembarangan
Bang Ben Pesan Laskar Lingkungan Untuk Tegur Masyarakat Yang Buang Sampah Sembarangan. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

Benyamin meminta kepada laskas lingkungan untuk berani tegur masyarakat yang membuang sampah sembarangan, hal tersebut diungkapkan Benyamin dalam penutupan kemah laskas lingkungan hidup bertempat di Pulau Situ Gintung, Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel, Selasa (09/7/2019).

“Tolong ditegur teman-teman kita yang buang sampah sembarangan, tegur siapa saja yang ada disekitar kita ketika mereka melakukan hal-hal yang tidak baik,”ungkap Bang Ben.

Wakil walikota tersebut meminta agar cara menegurnya dilakukan dengan baik bukan mencari ribut. “Perlu terus ditingkatkan kesadaran bersama serta kegiatan secara massif dan juga perlu dilakukan tindakan menegur setiap melihat masyarakat yang buang sampah sembarangan,” ujarnya dihadapan puluhan laskar lingkungan.

Masyarakat yang membuang sampah tidak mengenal usia, jenis kelamin, dan status pekerjaan baik kalangan remaja, kalangan orangtua, bahkan anak-anak pun sering membuang sampah sembarangan.

Masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama untuk menjaga lingkungan serta tidak membuang sampah sembarangan lagi. Pemerintah membantu dalam menyediakan tong sampah untuk setiap daerah. Tong sampah untuk sampah organik dan sampah non-organik, agar masyarakat dapat memilah sampah-sampah yang akan mereka buang nanti.

Sementara, masyarakat membantu pemerintah dalam menjaga lingkungan sekitar dari sampah dengan melakukan daur ulang sampah menjadi suatu produk kreativitas. Sekarang ini banyak ibu-ibu rumah tangga yang mendaur ulang sampah menjadi barang seperti tas dan kerajinan lainnya. Daur ulang tersebut untuk mengurangi sampah yang menumpuk.

Semoga dengan kerja sama seperti itu akan mewujudkan lingkungan yang bersih tanpa sampah di Kota Tangsel.

Tidak hanya mengajak laskar lingkungan untuk menegur masyarakat yang buang sampah sembarangan, Benyamin akan menjadikan budaya lingkungan ini masuk dalam muatan lokal. “Muatan lokal ini akan diisi tentang kebersihan lingkungan, saya berharap laskar ini menjadi pionir dan bisa menanamkan kebudayaan lingkungan kepada teman-teman lainnya,”katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Toto Sudarto, mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan ilmu dan motivasi kepada laskar lingkungan agar membudayakan kebersihan lingkungan disekitar mereka.

“Kemah ini sebagai ajang sharing ilmu dan kami ingin mereka bisa menerapkan ilmunya kepada anak-anak didiknya disekolah, “singkatnya. (humas-kominfo)

Loading...