Mudik 2019, Ini Himbauan Kabid humas Polda Banten

Kabid Humas Polda Banten
AKBP Edy Sumardi, Saat Meninjau Pemudik di Pelabuhan Merak. Foto pelitabanten.com (Dok.Ist)

CILEGON, Pelitabanten.com — Jelang Idul Fitri 2019/1440 Hijriah, Kabid Humas Polda Banten AKBP Edy Sumardi P, meninjau kesiapan Pelabuhan Merak, Cilegon Banten. Menghadapi arus mudik yang akan mengunakan jasa penyebrangan menuju pulau sumatra. Rabu, (29/5/2019).

Menurut Edy Sumardi, Mudik bagi masyarakat Indonesia merupakan suatu tradisi tahunan. Tradisi untuk bertemu sanak keluarga di kampung halaman setelah sekian lama merantau di pulau lain.

Suka cita hari raya ini patut diwaspadai dengan mengantisipasi tindakan kriminalitas, seperti pencurian rumah yang ditinggalkan saat mudik dan aksi-aksi kriminalitas lainnya.

Kabid Humas Polda Banten
Sapa Pengguna Jasa Penyebrang Pelabuhan Merak. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Banten tersebut menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan manakala hendak meninggalkan rumah menuju kampung halaman masing masing.

“Aksi kriminalitas jelang hari raya raya seperti pencurian di rumah yang ditinggalkan penghuninya marak terjadi. Kami himbau kepada masyarakat, sebelum mudik untuk mengecek dengan betul kondisi jendela dan pintu rumah. Pastikan terkunci dengan benar untuk mencegah aksi pencurian,” katanya.

Edy menuturkan, untuk mencegah aksi kriminalitas jelang hari raya, secara intens pelaksanaan patroli akan dilakukan jajarannya. Tak hanya itu, Polda Banten juga menyiagakan anggota di perumahan warga yang sudah dipetakan sebelumnya.

“Personil kita sebar dan melaksanakan patroli ke perumahan warga yang banyak ditinggalkan penghuninya. Pos-pos pengamanan juga kita siapkan di pusat-pusat keramaian guna mencegah aksi pemalakan, copet, dan aksi kriminalitas lainnya,”ungkapnya.

Kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan, Ia menghimbau agar mengutamakan keselamatan di jalan, jangan ngebut, jika lelah istirahat di Pos Pam Ketupat, Kantor Polsek dan Rest Area.

Pastikan meninggalkan rumah dalam keadaan terkunci, listrik di padamkan, Cabut selang legulator dan titip kepada tetangga untuk sementara meninggalkan rumah,”Tandas Edy