Beranda Pendidikan Kadiskerpus Lebak: Minat Baca Masyarakat akan Meningkat jika Perpustakaan Dikelola dengan Baik

Kadiskerpus Lebak: Minat Baca Masyarakat akan Meningkat jika Perpustakaan Dikelola dengan Baik

Bimbingan Teknis Tenaga Pengelola Perpustakaan di SMP Negeri 1 Cipanas, Kamis (25/4/2019).

LEBAK, Pelitabanten.com – Optimalisasi penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan di seluruh wilayah terus digalakkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskerpus) Kabupaten Lebak. Melalui kegiatan Peningkatan Kapasitas Pembinaan Perpustakaan baik Kualitas Maupun Kuantitas tahun anggaran 2019, Diskerpus Lebak menyelenggarakan Bimbingan Teknis Tenaga Pengelola Perpustakaan di SMP Negeri 1 Cipanas, Kamis (25/4/2019).

Di hadapan sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari pengelola Perpustakaan Desa, Perpustakaan Sekolah dan Taman Bacaan Masyarakat, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lebak  Drs. H. Asep Komar Hidayat, M.Pd meminta kepada seluruh peserta untuk selalu bersemangat mengajak masyarakat untuk meningkatkan minat baca dengan berbagai kegiatan kreatif dan inovatif.

“Kami tidak akan putus semangat untuk meningkatkan minat baca masyarakat Lebak melalui berbagai kegiatan. Bimtek ini diyakinkan akan meningkatkan minat baca masyarakat, karena apabila tenaga pengelola mengetahui cara yang baik untuk mengelola perpustakaan, maka pengunjung perpustakaan akan meningkat dan otomatis minat baca pun meningkat,” katanya.

Kegiatan yang membahas materi tentang Kebijakan Umum Pengembangan Perpustakaan di Kabupaten Lebak, Konsep Perpustakaan Ideal dan Sistem Otomatisasi Perpustakaan disambut antusias oleh seluruh peserta. Selain Kadiskerpus Lebak, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Diskerpus Drs. Muttakin Lutfi, M.Si, Kepala Seksi Layanan Sriyani, SE, Kepala Seksi Pembinaan Ada S., S.Pd., MM, Kepala UPT Kec. Cipanas Nano Sukarma, Kepala SMP Negeri 1 Cipanas Haryanto dan Kepala Desa Ciladaeun Yayat Dimyati.

Sebagai ‘tuan rumah’, Kepala SMP Negeri 1 Cipanas Haryanto menyambut baik dan sangat menyetujui adanya kegiatan tersebut, karena ia menganggap selama ini pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan di sekolah masih sangat minim.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan bimbingan teknis pengelola perpustakaan ini karena memang lingkungan sekolah sangat membutuhkan pengetahuan mengenai cara bagaimana mengelola perpustakaan yang baik di lingkungan sekolah. Untuk itu saya langsung setuju dan mendukung kegiatan ini,” ucap Kepala SMPN 1 Cipanas.

Dalam sambutannya sebagai Kepala UPT Kecamatan Cipanas, selain mendukung kegiatan yang dilaksanakan Diskerpus Lebak, Nano Sukarma juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan prestasi bagi kecamatan Cipanas dalam perlombaan di bidang perpustakaan.

“Kami akan terus mendukung kegiatan positif yang dilaksanakan oleh Diskerpus Lebak karena melalui kegiatan tersebut akan berdampak positif di lingkungan pendidikan. Seperti pembinaan minat baca melalui berbagai perlombaan dan pembinaan tenaga pengelola perpustakaan yang telah dilaksanakan,” pungkasnya.

Loading...