Beranda Pendidikan Mendalami Seni Khot Upaya Mencari Jalan Menuju Allah

Mendalami Seni Khot Upaya Mencari Jalan Menuju Allah

LEBAK, Pelitabanten,com – Dalam rangka meningkatkan seni kaligrafi di kalangan para guru pondok pesantren, sanggar Kaligrafer Manahijussadat (Kalimat) menggelar Worshop Kaligrafi Arab di Aula Cordova Ponpes Manahijussadat, Cibadak Lebak  Minggu (17/3/2019). Kegiatan bertajuk Workshop of Arabic Penmanship and Certificate Awarding Ceremony In Arabic Calligrafhy  itu diikuti 80 peserta dari berbagai pondok pesantren di Banten.

Kegiatan workshop dihadiri narasumber juri internasional kaligrafi Syekh Belaid Hamidi Al-Khattat, Pimpinan Ponpes Manahijussadat KH Sulaiman Effendi, Direktur Tarbiyatul Mualimina al Islamiyah (TMI) Hasan Asyari, dan para peserta workshop.

Dalam sambutannya Syekh Belaid mengatakan huruf Arab adalah huruf yang dipilih Allah sehingga menjadi media penyampaian kalam Illahi.

“Sungguh suatu kehormatan tatkala kita mendalami seni khot pada hakekatnya kita sedang terhubung dengan Allah. Sebagaimana difirmankan oleh Allah di dalam alquran, dan Tuhanmulah yang paling pemurah yang mengajarkan manusia dengan perantara qolam (pena: red). Maka selaku muslim seyogiannya kita menulis dengan tulisan yang indah,” ujarnya.

Sementara KH Sulaiman mengaku mengapresiasi acara workshop kaligrafi memberikan nuansa baru terhadap guru pengajar khot, para santri dan santriwati, khususnya di Ponpes Manhijussadat.

“Harapan dan cita-cita saya dengan adanya acara workshop kaligrafi ini dan diresmikannya Markaz Khot di Ponpes Manahijussadat bisa melahirkan generasi-generasi yang menginspirasi para pegiat seni Khot. Saya juga berharap semoga pondok ini menjadi pusat peradaban seni khot khususnya di Kabupaten Lebak dan sekitarnya,” harapnya bangga.

Selain workshop kaligrafi, kegiatan dilangsungkan dengan peresmian Markaz Khot dan pengukuhan sebagai kaligrafer dengan menerima Ijazah Khat dari Syaikh Belaid Hamid Al-Khattat. Dua santri kaligrafer Ponpes Manahijusssdaat yang dikukuhkan menerima langsung ijazah jenis khat Riq’ah dari Syaikh Belaid Hamid Al-Khattat yaitu Azri Thoriq Ayub Kelas 3A asal Pandeglang dan Hilalul Khoiri kelas 5 IPA asal Tangerang.(*)

Loading...