Beranda Pendidikan Kadiskerpus Lebak Ajak Semua Pembina Sekolah Menjadi Manusia Literat

Kadiskerpus Lebak Ajak Semua Pembina Sekolah Menjadi Manusia Literat

Kadiskerpus Lebak H. Asep Komar Hidayat (kedua dari kiri) saat menyampaikan materi pembinaan perpustakaan di SDN 1 Banjaririgasi, Lebakgedong, Rabu (6/3/2019).

LEBAK, Pelitabanten.com – Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu dari strategi pengembangan Gerakan Literasi Nasional yang melibatkan seluruh stake holder dan ekosistem pendidikan lainnya. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Diskerpus) Lebak yang merupakan bagian terpenting dalam menjalankan roda gerakan literasi di Kabupaten Lebak melalui pembinaan pengembangan budaya baca, menyelenggarakan kegiatan pembinaan di SDN 1 Banjar Irigasi, Kecamatan Sobang, dengan fokus perhatian pada pengelolaan Perpustakaan Sekolah.

“Penguasaan literasi dasar menjadi modal bagi generasi abad 21. Literasi yang dimaksud harus dimaknai secara utuh berkaitan dengan kecakapan hidup dan kualitas hidup setiap orang untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Ada 6 komponen literasi dasar yang harus dimiliki agar generasi abad 21 menjadi manusia literat, yaitu : literasi baca tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi teknologi informasi dan komunikasi, literasi finansial serta literasi budaya dan kewarganegaraan,” ungkap Kepala Diskerpus Lebak H. Asep Komar Hidayat dalam penyampaian materinya di depan peserta, Rabu (6/3/2019).

Kegiatan Pembinaan Perpustakaan Sekolah dihadiri sebanyak 19 peserta terdiri dari Kepala Sekolah dan staf pengelola perpustakaan sekolah se-Kecamatan Lebak Gedong. Mendampingi Kadiskerpus Lebak Kasi Pembinaan Perpustakaan beserta staf dan Pengawas UPT Pendidikan Kecamatan Lebakgedong H. Muhtar.

Kadiskerpus Lebak Ajak Semua Pembina Sekolah Menjadi Manusia Literat

Mewakili Kepala UPT Pendidikan Lebakgedong H. Muhtar menyampaikan apresiasinya kepada Diskerpus Lebak yang telah melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah yang nota bene berada di pelosok-pelosok desa. Sehingga menjadikan penyemangat bagi para pembina sekolah untuk meningkatkan prestasi di bidang perpustakaan.

“Saya mewakili Kepala UPT Pendidikan Lebakgedong menyampaikan apresiasi yang sedalam-dalamnya. Karena hasil pembinaan yang telah dilakukan sebelumnya SD-SD di kecamatan Lebakgedong berhasil meraih juara, yaitu SDN 2 Banjaririgasi Juara 1 Lomba Perpustakaan tingkat Kabupaten Lebak, dan SDN 1 Lebakgedong mendapat Juara 2 Lomba Perpustakaan Tingkat Zona (Wilayah Binaan: red),” ujar H. Muhtar.

Kegiatan Pembinaan oleh Diskerpus Lebak berdasarkan surat yang dikirimkan oleh Kepala Sekolah SDN 1 Banjaririgasi untuk Permohonan Pembinaan Perpustakaan Sekolah. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SDN 1 Banjaririgasi Luna Stavlinsky menyampaikan terimakasih dan memohon agar Diskerpus tidak bosan-bosannya melakukan pembinaan terkait perpustakaan sekolah.

“Kami memohon bimbingan kepada Diskerpus Lebak agar dapat mengelola perpustakaan dengan baik. Karena kami bingung cara mengelola perpustakaan harus mulai darimana,” katanya.