Musik Ghu Zen Iringi Malam Perayaan Imlek di Vihara Nimmala

Musik Ghu Zen Iringi Malam Perayaan Imlek di Vihara Nimmala
Alunan Alat Musik Ghu Zen Iringi Malam Perayaan Imlek di Vihara Nimmala. Foto Supriyadi Pelitabanten.com

, Pelitabanten.com, — Alunan merdu petikan nada alat musik tradisional Ghu Zeng, serta Pohon Harapan menciptakan kekhusuan ibadat sekaligus meriahkan perayaan Imlek 1 Chia Gwee 2570 di Vihara Nimmala Boen San Bio, di Jalan KS Tubun, Pasar Baru, Kota Tangerang.

Gu Zheng adalah sebuah alat musik tradisional China mirip kolintang yang dimainkan dengan cara dipetik yang sudah ada sejak jaman Dinasti Ching.

Gelaran musik tersebut dimainkan oleh 4 orang yang diantaranya adalah seorang gadis cantik berumur 10 Tahun yang begitu piawai dan mahir memainkan petikan nada saat di aula belakang altar Vihara Nimmala, pada Senin (04/02/2019) Malam.

“Maria Audrey (10) sudah 4 tahun sejak kelas 1 SD bermain Gu Zheng,” kata sang ayah saat ditemui Pelitabanten.com dilokasi.

Musik Ghu Zen Iringi Malam Perayaan Imlek di Vihara Nimmala
Jemaat Saat Menaruh Harapan Yang Digantungkan Di Pohon Kebajikan Dalam Perayaan Tahun Baru Imlek. Foto Supriyadi Pelitabanten.com

Yan Suhar Liem alias Bebeng selaku Pembina Yayasan Boen San Bio mengatakan Pohon harapan adalah pohon keberuntungan yang mempunyai makna para umat khongucu yang membuat kebajikan di sepanjang Tahun 2019.

Baca Juga:  Kirab Budaya dan Ruwat Bumi 2019, Ajarkan Keharmonisan

“Semua umat wajib membuat kata-kata kebajikan dan ditukar dengan amplop yang berisi kata-kata keberuntungan yang ada di pohon itu (pohon harapan -red), dan karena dia (umat khongucu -red) yang menulis kata kebajikan itu, maka dia harus menanamkan kebajikan di Tahun ini,” terang Bebeng.

Adapun keindahan malam Tahun Baru Imlek di Vihara Nimmala Boen San Bio yang memiliki 14 altar persembahyangan dewa-dewa, juga diisi dengan 600 lampion yang bertulis kan nama-nama.

“Seperti yang kita tahu, bahwa lampion itu adalah sumber penerangan, yang dibawahnya tertera nama-nama umat, yang harapannya para umat diberikan penerangan dalam kehidupannya di Tahun ini,” tukasnya.

Editor : Adin