Perayaan Imlek 2570, Polda Banten Siagakan 798 Personel

Perayaan Imlek 2570, Polda Banten Siagakan 798 Personel
Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Amiluddin Roemtaat. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

KOTA SERANG, Pelitabanten.com, — Jelang perayaan malam pergantian tahun baru dan peribadatan bagi masyarakat Tionghoa (Imlek 2570), Polda Banten dan jajaran menyiagakan Sekira 798 personel. Guna mengantisipasi timbulnya gangguan kamtibmas di Wilayah Hukum Polda Banten serta menjamin ketertiban dan kelancaran kegiatan peribadatan.

“Secara umum situasi dan kondisi di wilayah hukum Polda Banten yang saat ini sedang dilaksanakannya tahapan Pemilu tahun 2019 dan situasi masih dalam keadaan aman dan kondusif. Namun menjelang perayaan Tahun baru Imlek tetap perlu kewaspadaan untuk mengantisipasi adanya kelompok dari golongan tertentu yang ingin mengganggu terhadap pelaksanaan dan perayaannya,” kata Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Amiluddin Roemtaat saat ditemui usai Rapat penyampaian hasil Rapim TNI – Polri oleh Kapolda Banten, Senin (04/02/2019).

Dalam memberikan pelayanan serta perlindungan terhadap jemaat atau masyarakat yang akan memperingati perayaan tahun baru Imlek, pihaknya mengaku telah mengantisipasi berbagai kerawanan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan selama perayaan tersebut.

“Pengamanan perayaan maupun kegiatan keagamaan warga keturunan Tionghoa dilaksanakan dibeberapa lokasi Vihara. Diwilayah hukum Polres Serang Kota ada 5 lokasi, Polres Cilegon 3 lokasi, Polres Lebak dan Polres Pandeglang masing-masing 1 lokasi, dan Polresta Tangerang paling banyak dengan 17 lokasi,” terang Amiluddin Roemtaat.

Perayaan Imlek 2570, Polda Banten Siagakan 798 Personel
Persiapan pengamanan Imlek 2570. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

Namun menurutnya, hadirnya personil pengamanan tidak menjadi sebuah patokan pada setiap wilayah. Jumlah jemaat serta tingkat kerawanan di masing-masing lokasi vihara akan disesuaikan dengan jumlah personel pengamanan. Tim Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Banten mulai hari ini sudah disebar ke lokasi peribadatan untuk melakukan sterilisasi.

“Pola pengamanan serta penempatan personel sudah dipetakan sesuai dengan jumlah jemaat dan potensi ganguan keamanan yang dapat ditimbulkan. Ditiap wilayah yang terdapat Vihara, Subden Jibom Detasemen Gegana akan diturunkan. Sterilisasi disetiap lokasi yang dijadikan tempat peribadatan bahkan sebelum kegiatan keagamaan dimulai,” tambahnya.

Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah hukum Polda Banten bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat saat perayaan tahun baru Imlek. Untuk yang hendak melaksanakan liburan agar dapat mengutamakan keselematan sebagai prioritas.

“Mari kita bersama-sama menjaga situasi yang aman serta nyaman. Junjung tinggi toleransi kepada masyarakat yang merayakan Imlek. Bagi yang hendak berkendara menikmati waktu liburnya dengan keluarga, tetap utamakan keselamatan dan pastikan rumah yang ditinggalkan dalam keadaan terkunci untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” himbaunya.(Bid.Hum)