Beranda Budaya Diklatsar Teater Gates Rangkasbitung: Ngaruwat Anak Lakon

Diklatsar Teater Gates Rangkasbitung: Ngaruwat Anak Lakon

Diklatsar Teater Gates Rangkasbitung: Ngaruwat Anak Lakon

LEBAK, Pelitabanten.com – Teater Gates Rangkasbitung yang berdiri sejak 14 tahun silam telah berkiprah membentuk mentalitas anggotanya yang saat ini berprofesi tidak hanya sebagai aktor, melainkan banyak yang telah bekerja di berbagai bidang kehidupan. Seperti anggota Panwaslu Kecamatan, guru, dosen, pedagang, pengusaha rental mobil, Aparat Sipil Negara (ASN), politisi di sebuah partai, Kepala Sekolah, dan lain-lain.

Pembukaan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) angkatan XIV Teater Gates di sanggar Kedai Proses selain dihadiri keluarga alumni, juga komunitas yang kerap bekerjasama dalam kegiatan kesenian; Komunitas Sastra Balkon, Forum TBM Banten, Satgas Literasi Lebak, Dewan Kesenian Lebak, Dosen STKIP Setia Budhi Rangkasbitung, dan guru-guru sekolah bidang kesenian.
Dalam sambutannya di hadapan peserta, pengasuh Teater Gates DC Aryadi menyampaikan pesan moral kepada calon aktor yang ingin terjun di dunia seni peran untuk menyiapkan pisik dan mental selama mengikuti kegiatan.

“Setiap anggota Teater Gates harus mengikuti Diklatsar, sebelum memasuki dunia seni peran, sebaiknya teman-teman mengosongkan pikiran dari persoalan yang akan menjadi beban dan bersiap untuk dirinya dihancurkan agar menjadi lentur dan adaptif terhadap peran apa saja yang akan dimainkan,” kata DC, Sabtu (26/1/2019).

Ketua Teater Gates periode 2018-2019 Robenah mengatakan, Diklatsar yang berlangsung selama dua hari (26-27/1/2019) akan diisi dengan beragam kegiatan dalam bentuk penyampaian materi dan latihan pisik. Materi Sastra dan Seni Teater, Musik, Akting, dan pengalaman-pengalaman seputar dunia pementasan.

“Diklatsar diselenggarakan selama dua hari diisi dengan materi-materi seputar teater dan latihan mental bagi para peserta sebagai bekal untuk memasuki dunia peran. Adapun narasumber yang dihadirkan dari para pelaku teater yang sudah berpengalaman dan memiliki prestasi selama menggeluti bidang seni teater,” ucap Robenah.

Diklatsar bertajuk Ngaruwat Anak Lakon bertujuan memberi bekal pengalaman bagi peserta baru yang bergabung di komunitas Teater Gates yang nantinya diharapkan memiliki spirit dalam menjalani perannya dalam kehidupan.

“Diklatsar ke-14 kali ini diikuti oleh peserta dari mahasiswa STKIP Setia Budhi Rangkasbitung, siswa SMK Setia Budhi Rangkasbitung, SMK PGRI Rangkasbitung seluruhnya berjumlah 14 orang. Selaku Ketua Panitia saya berharap nantinya semua peserta memiliki semangat hidup dalam melakoni setiap panggung kehidupan,” ujar Siti Anisa, Ketua Panitia Diklatsar XIV yang akrab disapa Ica.