Beranda Budaya Roemah Tawon Bakal Digusur JORR

Roemah Tawon Bakal Digusur JORR

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com, — Pertunjukan kesenian teater diadakan Komunitas Roemah Tawon pada Sabtu malam (12/01/2019) dengan Judul “Dialog Nabi Muhammad SAW Dengan Iblis“, sebuah pertunjukan teater Teratai yang menampilkan cerita yang diambil dari sebuah Hadits Riwayat Nabi Muhammad Saw yang sedang berdialog dengan iblis.

JORR Roemah Tawon Bakal Digusur JORR
Teater Sereboe, Foto Supriyadi Pelitabanten.com

Hadir menyaksikan acara tersebut dari anak-anak hingga orang dewasa, para aktivis seni dan budayawan. Pengurus Dewan kesenian Tangerang pun hadir diwakili komite musik dan komite teater, para pelajar dan mahasiswa, Komunitas Musang Tangerang “SOMAT” pun hadir membawa ragam jenis musang peliharaannya.

Digusur Buat Jalan Tol 

JORR Roemah Tawon Bakal Digusur JORR
Tiang Pancang Tol JORR Jl.Benteng Betawi, Dekat Roemah Tawon. Foto Supriyadi Pelitabanten.com

Ahmad Yani yang akrab disapa pak TB menjelaskan acara tersebut diadakan dalam rangka Ulang Tahun pertama Teater Teratai, yang merupakan bagian kesenian dan kebudayaan Komunitas Roemah Tawon yang bergerak di bidang pendidikan.

“ada musikalisasi puisi, tarian, musik religi, penampilan HaHeHo dan juga ada Teater Serebu yang tampil mengisi acara di panggung seni Roemah Tawon,” jelas TB.

Diketahui acara tersebut diadakan sekaligus untuk mengingat bahwa lokasi Roemah Tawon yang berada di Jalan Benteng Betawi, dekat dengan rel kereta api akan tergusur oleh pembangunan jalan Tol Jakarta Over Ring Road (JORR).

Baca juga :  Polsek Karawaci Berikan Pengamanan Perayaan Natal di Gereja Kristus Yesus

Paise Santang selaku ketua Komunitas Roemah Tawon mengungkapkan, lokasi mereka akan digusur terkena titik tiang pancang jembatan Tol JORR. Tanah yang ditempati saat ini adalah tanah milik bendahara roemah tawon, dan rencananya 3 bulan ke depan akan tergusur.

JORR Roemah Tawon Bakal Digusur JORR
Roemah Tawon Dijalan Benteng Betawi Kota Tangerang, saat pemotongan tumpeng. Foto Supriyadi Pelitabanten.com

“ada 3 titik lokasi yang ditawarkan oleh Pak Lurah Boy untuk tempat pindah nantinya, namun belum tahu dimana pastinya melihat nanti setelah jalan tol jadi, mungkin bisa di kolong Tol atau dimana lihat nanti,” jelasnya.

Paise Santang menjelaskan saat pembukaan acara, Lurah Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Tangerang, Boy mengatakan akan mempertahankan keberadaan Komunitas Roemah Tawon. Kegiatan rutin komunitas roemah tawon berdampak positif untuk warga di bidang pendidikan agama maupun pendidikan tematik.

Diatas panggung pak lurah Boy mengatakan, “Roemah Tawon harus tetap ada,” pungkasnya.

Editor : Adin