Beranda Komunitas Dari Mulut Jose Terdengar Easy Listening

Dari Mulut Jose Terdengar Easy Listening

Josya Christiano
Josya Christiano

KOTA TANGERANG, Beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian alat musik lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya.

Pemain beatbox atau lebih dikenal dengan beatboxer, mampu mendemonstrasikan segala bentuk bunyi-bunyian dengan handal. Beatbox selalu dikaitkan dengan vokal perkusi maupun dengan multivokalisme. Meskipun pada dasarnya sama, namun secara umum perbedaan Beatbox terletak pada keterkaitannya dengan budaya dan musik Hip Hop. Meski demikian pada praktiknya beatbox juga diterapkan untuk genre musik lainya seperti Rock, Pop, R&B, dan sebagainya.

Hal inilah yang kemudian menarik para kaum milenial untuk belajar dan menekuni seni Beatbox dan mulai marak di gandrungi anak-anak muda milenial untuk sekedar menghibur diri atau orang lain dengan bunyi-bunyian yang keluar dari mulut tanpa bantuan alat-alat musik.

Seperti halnya Josya Christiano remaja usia 13 tahun yang masih duduk di bangku SMP kelas 8 di Kota Tangerang, semula pelitabanten.com tanpa sengaja mendengar suara musik beatbox yang keluar dari mulut sang anak di salah satu rumah makan di Kota Tangerang, Kamis (10/01/2019). Pelitabanten.com berbincang dengannya.

Jose panggilan akrabnya, remaja pengguna kacamata ini bisa menirukan beberapa suara alat musik melalui ucapan mulutnya.

Talent Bukan Anak Biasa

Bunyi-bunyian yang keluar dari mulutnya terdengar asik ditelinga (Easy Listening-red) Selain memiliki bakat menjadi seorang Beatboxer alias jago.ngebeat. Ia bisa memproduksi suara dari mulutnya seperti suara drum, suara perkusi, dan alat musik lain yang dimainkannya sendiri.

Beatbox Josya Christiano
Jose ditemani Bunda

“Belajar ini otodidak saja, aku pertama kali dengar teman kemudian aku coba ternyata bisa,” kata Jose didampingi Bundanya Cathy

Penulis ajak Jose mainkan salah satu musik dengan santai jose berdiri mendengungkan suara Beatbox nya tengah asyik memainkan sebuah lagu, Pada awalnya terlihat sedikit malu-malu dan mencoba beberapa lagu sambil tengok kanan kiri.

Senang Liat Youtube, Ingin Jadi Youtubers

Kata Jose dirinya senang melihat video reaction dari YouTuber bernama Ego Firmando. Ego merupakan Beatboxer yang hebat, dan belum lama ini menjuarai salah satu even lomba Beatbox.

“Bisa menirukan beberapa suara. Iya sering latihan bersama teman di sekolah dan suka melihat video YouTube Beatbox. Ada beberapa suara yang bahkan belum bisa aku kuasai, makanya aku terus berlatih,” paparnya

Ada rasa bangga dan kagum penulis melihat remaja miliki bakat yang mungkin anak-anak lain tak miliki rasa wajib membantu mengembangkan bakat terpendam anak-anak milenial diindonesia dari bakat bisa saja Go Internasional harumkan nama bangsa lewat beatbox. Semoga melalui tulisan ini ada pembaca yang berminat lebih mengembangkan bakat Jose, dan semoga menjadi Beatboxer terkenal didunia. Semoga dan semoga anak-anak indonesia terus berkarya lewat bakat dan kemampuan masing-masing.