Tinjau Carita dan Labuan, Presiden Minta Penanganan Gerak Cepat

Tinjau Carita dan Labuan, Presiden Minta Penanganan Gerak Cepat
Presiden Jokowi Minta penanganan Korban Pasca Tsunami Banten Bergerak cepat dan Tepat. Foto Ist. Pelitabanten

PANDEGLANG, Pelitabanten.com, — Presiden RI Joko Widodo meninjau langsung penanganan pasca bencana tsunami yang menerjang pantai di sekitar Selat Sunda, khususnya di Kecamatan Labuan dan Carita, di Kabupaten Pandenglang, Senin (24/12/2018).

Kedatangan Presiden Jokowi, didampingi langsung Gubernur Banten Wahidin Halim, Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Hadi Tjahyanto, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Kesehatan Nilla F Moeleok, Menteri PU Basuki Hadimuljono dan Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Presiden Jokowi minta penanganan Korban tsunami gerak cepat
Kunjungi Carita dan Labuan, Presiden Minta Penanganan Korban harus Gerak Cepat. Foto Ist. Pelitabanten.com

Presiden bertolak dari Bogor, Jawa Barat menuju labuan Banten, menggunakan helikopter milik TNI dan mendarat di lapangan A Yani, Kecamatan Labuan.

Tiba sekira pukul 9.30 WIB Presiden Jokowi langsung mengunjungi sejumlah lokasi diantaranya Posko BNPB, Puskesmas, pengungsian, dapur umum, resort resort yang di terjang tsunami posko kesehatan yang menjadi tempat perawatan para korban bencana tsunami.

Dalam kunjunganya Presiden Jokowi mengajak semua yang terlibat dalam penanganan dapat bergerak cepat baik dalam evakuasi korban maupun penanganan paska kejadian.

“Saya ingin memastikan bahwa penanganan dampak bencana tsunami dapat diselesaikan dengan cepat dan baik, terutama evakuasi korban dan adanya bantuan pelayanan kesehatan.” kata Jokowi.

Sebab, kata Jokowi, pemerintahan pusat sudah bekerjasama dengan Pemprov Banten untuk berkonsentrasi kepada wilayah-wilayah yang memang dianggap belum mendapatkan bantuan.

“Jangan sampai, kayak kemarin di Sumur, yang kurang terlihat. Hari ini akan disisir kembali tapi lewat laut mengenai adanya kemungkinan-kemungkinan tempat yang belum terpantau oleh kita,” kata Jokowi.

Penanggulangan Cepat Korban dan Deteksi Dini Tsunami

Presiden Jokowi sudah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB, Menteri Sosial, Panglima TNI, Pemerintah Daerah dan seluruh yang terlibat untuk melakukan penanganan darurat, dan sekaligus mendata korban dan kerusakan yang ditimbulkan.

Presiden Jokowi minta penanganan Korban tsunami gerak cepat
Presiden Jokowi Saat Kunjungi Lokasi Bencana Tsunami Labuan Banten. Foto Ist. Pelitabanten.com

Langkah kedepan, Presiden memerintahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisik (BMKG) untuk membeli alat pendeteksi erupsi gunung anak krakatau.

“Ke depan saya sudah perintahkan juga ke BMKG untuk membeli alat-alat deteksi warning sistem yang bisa memberikan peringatan sejak dini kepada kita semua,” kata Jokowi di Carita.