Beranda Peristiwa Kota Tangerang 19.311 Keping e-KTP Dimusnakan Disdukcapil Kota Tangerang

19.311 Keping e-KTP Dimusnakan Disdukcapil Kota Tangerang

Ribuan e-KTP rusak Dimusnahkan Disdukcapil Kota Tangerang
Ribuan e-KTP rusak Dimusnahkan Disdukcapil Kota Tangerang. Jum'at (14/12/2018) Foto Huda R Alfian. Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG,pelitabanten.com, — Sebanyak 19.311 Keping e-KTP rusak dan tak layak pakai dimusnahkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang. pemusnahan dilakukan di Halaman Kantor Disdukcapil Kota Tangerang, Banten, Pada Jumat (14/12/2018).

Kepala Dinas Dukcapil Kota Tangerang Erlan Rusnarlan mengatakan sebanyak 19.311 e-KTP merupakan e-KTP yang sudah tidak lagi digunakan. Pemusnahan e-KTP dilakukan dengan cara dibakar.

Ribuan keping e-KTP yang dimusnahkan Disdukcapil Kota Tangerang Foto. Huda R Alfian Pelitabanten.com

“Hari ini kita musnahkan 19.311 keping e-KTP dengan cara dibakar,” ungkapnya.

“E-KTP yang dimusnakan merupakan e-KTP yang rusak saat dicetak, perubahan status, maupun yang rusak saat sudah diberikan ke masyarakat,” tambahnya.

Pemusnahan tersebut sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri nomor 470.13/11176/SJ tentang penatausahaan KTP elektronik rusak atau invalid.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam akhir tahun ini banyak kejadian di daerah lain e-KTP yang sudah invalid itu banyak tercecer dijalan yang tujuannya kita tidak tau,”Imbuhnya

“Maka dari itu adanya surat edaran Menteri Dalam Negeri yang ditandatangani langsung mengenai pemusnahan e-KTP dengan cara dibakar,” ujarnya lagi.

“Mudah-mudahan dengan dibakarnya seluruh blangko e-KTP yang sudah rusak atau invalid ini tidak ada lagi yang main-main dengan blangko e-KTP dengan tujuan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” pungkas Erlan.

Sebagai informasi untuk diketahui, pemusnahan disaksikan langsung oleh Asisten Daerah I Tata Pemerintahan Kota Tangerang, Kasatpol PP Kota Tangerang, dan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Tangerang.

Editor : Adin