Beranda Budaya Buruan Daftar, HSN Diisi Berbagai Perlombaan di Banten

Buruan Daftar, HSN Diisi Berbagai Perlombaan di Banten

42
Buruan Daftar, HSN Diisi Berbagai Perlombaan di Banten
Hari Santri Nasional ( Foto Istimewa)

Serang, Pelitabanten.com,- Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Provinsi Banten akan dilaksanakan dengan meriah. Kegiatan yang akan dibuka pada 14 Oktober 2018 mendatang tersebut digelar dengan berbagai aneka perlombaan.

Demikian dikatakan oleh Ketua Majlis Pesantren Banten (MPS) Banten, KH. Matin Syarkowi kepada awak media di Kota Serang, Jumat (12/10/2018).

Dikatakannya, perlombaan itu antara lain, Qiroatul Kutub untuk anak-anak usia maksimal 15 tahun Pembacaan Shalawat Nushah masing masing memperebutkan hadiah 30-50 juta rupiah.

Kemudian,lanjut kyai matin, agenda kedua adalah perlombaan pembacaan shalawat Nushah bagi jamaah majlis taklim dari berbagai wilayah di Provinsi Banten memperebutkan hadiah 30 juta rupiah.

“Pendaftaran mulai dibuka tanggal, 14 sampai dengan 26 Oktober 2018 setiap jam kerja. Pelaksanaan Musabaqoh tanggal 28 Oktober 2018, tempat pendaftaran di masing- masing disekretariat MPS Kabupaten/Kota,” ucapnya.

Seperti diketahui, Hari Santri Nasional sudah ditetapkan oleh pemerintah melalui Keppres nomor 22 tahun 2015. Hal itu merujuk pada peristiwa bersejarah yang membawa bangsa Indoensia meraih kemerdekaan dari para penjajah.

Yaitu Resolusi jihad yang dicetuskan oleh Pendiri NU KH Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 di Surabaya untuk mencegah kembalinya tentara kolonial belanda yang mengatasnamakan NICA.

Baca juga :  Jenguk Penderita Hydrocephalus, Anggota DPRD Kota Tangerang Kecewa Kinerja Camat

KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama pendiri NU menyerukan jihad dengan mengatakan bahwa “Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap individu“.

Editor : Adin