Beranda Peristiwa Kota Tangerang DPK Banten dan KNPI Ajak Pemuda Gemar Baca Al Qur’an

DPK Banten dan KNPI Ajak Pemuda Gemar Baca Al Qur’an

36
DPK Banten dan KNPI Ajak Pemuda Gemar Baca Al Qur'an

KOTA TANGERANG, PelitaBanten.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten bersama Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Tangerang menyelenggarakan sosialisasi literasi pembaca Al Qur’an di gedung KNPI Jl Dimyati, Rabu 26 September 2018.

Kepala Seksi Pembudayaan Kegemaran Membaca DPK Provinsi Banten, Evi Syaefudin menjelaskan, DPD KNPI Kota Tangerang dipilih sebagai mitra lantaran fungsinya yang strategis. Dia menyebut, organisasi kepemudaan ini sebagai wadah pemuda dengan beragam latar belakang.

“KNPI ini kan wadah dari organisasi kepemudaan, banyak ide yang bisa diimplementasikan ke program. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan tradisi kita yang dahulu sering membaca Alquran dan kembali pada jati diri kita sebagai karakter umat Islam,” terang Eping sapaan akrab Evi.

Sejumlah kegiatan digelar dalam acara ini. Selain menyasar kalangan muda, Eping mengatakan, kegiatan ini juga menarget usia dini hingga remaja.

Kegiatan lain tersebut di antaranya, kegiatan mendongeng bagi anak TK dan peningkatan baca bagi pelajar SMA.

“Kalau untuk pemuda kita gelar kegiatan peningkatan baca Alquran atau literasi Alquran,” terangnya.

Ketua DPD KNPI Kota Tangerang, Uis Adi Dermawan menjelaskan peserta sosialisasi literasi pembaca Al Qur’an ini berbagai organisasi kepemudaan (OKP) yang ada di Tangerang Raya.

Baca juga :  Ayo! Ikut Lomba Desain Logo Bawaslu

“Upaya meningkatkan minat baca masyarakat digalakkan DPK Provinsi Banten. KNPI digandeng DPK mengkampanyekan gemar baca Al Quran di kalangan pemuda,” jelas Ketua DPD KNPI Kota Tangerang, Uis Adi Dermawan.

Uis Adi Dermawan mengajak kepada seluruh pemuda untuk senantiasa membaca dan mempelajari kandungan Al Qur’an karena Kitab Suci ini panduan hidup umat Muslim. Ia menambahkan, pihaknya mendukung sejumlah program pembangunan di Kota Tangerang. Menurutnya, program peningkatan minat baca merupakan salah satu upaya membentuk generasi masa depan.

“Kita siap bekerjasama, sudah jadi kewajiban kami ikut membangun Kota,” katanya.

Bung Uis, begitu ia akrab disapa menyebut sejumlah OKP di Kota Tangerang bernaung di KNPI. Ribuan pemuda, sebutnya, berhimpun di KNPI Kota Tangerang.

“Salah satu fungsi kita adalah membina potensi pemuda, dan ini bisa kita mulai dari menggalakkan gemar baca,” pungkasnya.***

• Ateng Sanusih | Yahya Suhada